Anestesi dalam Kedokteran Gigi – Part Terakhir

Anestesi dalam Kedokteran Gigi – Part Terakhir

Global Estetik – Diperkirakan sekitar hampir sepuluh persen populasi dunia menghindari untuk bertemu dengan dokter gigi karena kecemasan gigi atau fobia gigi (takut pada dokter gigi). Pasien dengan kecemasan gigi memiliki ketakutan yang seringkali sangat dilebih-lebihkan dan berlebihan. Fobia gigi parah adalah kondisi yang lebih serius, menyebabkan mereka yang terkena dampak dapat membatalkan atau menghindari pemeriksaan gigi mereka sama sekali. Berbagai teknik kedokteran gigi sedasi dapat digunakan untuk mengobati mereka yang menderita kecemasan gigi atau fobia gigi.

Banyak orang yang mengalami fobia gigi ragu saat berkunjung ke dokter gigi. Mereka sering takut pada kantor, peralatan, atau dokter gigi itu sendiri. Individu yang menderita kecemasan gigi ini sering menunda janji pertemuan mereka, dengan harapan bisa menghindari pengalaman itu sama sekali.

Fobia Gigi Berat
Anestesi dalam Kedokteran Gigi- Global Estetik Dental Care
Anestesi dalam Kedokteran Gigi- Global Estetik Dental Care

Kecemasan gigi juga bisa berubah menjadi fobia gigi parah, membuat janji temu secara keseluruhan menjadi pengalaman mengerikan. Pasien dengan fobia gigi parah ketakutan dan panik saat tiba saatnya untuk menemui dokter gigi dan mereka sering menghindari pemeriksaan gigi sepenuhnya. Jika mereka memaksakan diri untuk pergi, mereka biasanya tidak tidur malam sebelumnya atau mungkin menjadi sakit di ruang tunggu.

Banyak pasien dengan fobia gigi parah telah menunda perawatan gigi selama bertahun-tahun karena takut pada dokter gigi, yang mengakibatkan kesehatan mulut mereka menjadi buruk. Individu yang menderita kecemasan gigi atau fobia gigi parah biasanya memiliki gusi dan gigi yang terinfeksi, sangat mengkompromikan kemampuan mereka untuk mengunyah dan mencerna makanan dengan tidak benar. Banyak juga yang kurang percaya diri dan merasa tidak aman karena bau mulut atau senyum yang tidak menarik.

Anak-anak dan Kecemasan Gigi
Anestesi dalam Kedokteran Gigi- Global Estetik Dental Care
Anestesi dalam Kedokteran Gigi- Global Estetik Dental Care

Beberapa anak memiliki ketakutan yang mendalam terhadap dokter gigi, membuat janji pemeriksaan gigi menjadi pengalaman yang traumatis. Namun, penting bagi anak-anak untuk melakukan pemeriksaan gigi secara rutin. Ada tips untuk menangani anak-anak yang memiliki kecemasan gigi atau fobia gigi yang parah, diantaranya:

  • Mulailah pemeriksaan gigi pada usia dini, agar anak merasa nyaman dan akrab dengan janji pemeriksaan gigi.
  • Terapkan kebersihan mulut yang baik, jadi perjalanan ke dokter gigi akan membutukan usaha minimal.
  • Berhati-hatilah untuk tidak menyampaikan ketakutan anda terhadap dokter gigi kepada anak anda.

Pilihan lain untuk mengobati kecemasan dental anak adalah dengan mencari dokter gigi yang mengkhususkan diri pada perawatan anak. Dokter gigi anak-anak memiliki pelatihan khusus yang memungkinkan mereka membantu anak-anak yang cemas merasa aman selama pemeriksaan dan prosedur pemeriksaan gigi. Mereka juga menawarkan klinik ramah anak, sehingga lingkungannya mengundang dan nyaman bagi anak-anak. Jika tidak ditangani selama masa muda, kecemasan gigi bisa berkembang menjadi fobia gigi parah seiring bertambahnya usia. Untuk mencegah kebersihan mulut yang buruk di kemudian hari, saran di atas dapat bekerja untuk menenangkan ketakutan anak anda terhadap dokter gigi.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat