Anak Malas Sikat Gigi? Cobain Tips Ini!

ortodontik untuk anak

Anak Malas Sikat Gigi? Cobain Tips Ini!

Global Estetik – Banyak orang tua menganggap menyikat gigi anak bukanlah hal penting. Alasannya karena gigi susu tidak permanen dan akan terganti saat menginjak remaja. Padahal, gigi susu bermanfaat dalam menuntun arah pertumbuhan gigi dewasa kelak agar tetap rapi dan tak berantakan.

Di sisi lain, mengajak anak menggosok gigi juga tak mudah. Anak sering kali rewel ketika disuruh menggosok gigi. Bahkan, mereka sering kali langsung tidur setelah minum susu tanpa membersihkannya. Hal ini tentu saja tak baik bagi kesehatan rongga gigi. Sisa makanan akan berubah menjadi asam saat bertemu dengan bakteri, asam ini akan melarutkan mineral di gigi sehingga membuat gigi mudah berlubang.

Karena itulah, anak perlu diajari menyikat gigi sejak dini. Waktunya sebelum tidur dan setalah makan. Mengajari menyikat gigi bisa dimulai ketika mereka sudah mempunyai gigi, biasanya berusia enam bulan hingga satu tahun.

Kebiasaan menyikat gigi bisa dimulai dengan menggosok gigi buah hati dengan kain kasa setelah minum susu. Mereka sudah bisa diajarkan menggosok gigi sendiri setelah mampu memegang sikat. Bila sudah bisa berkumur dan memuntahkannya, anak bisa menggunakan pasta gigi untuk membersihkan gigi dan rongga mulutnya.

dokter gigi depok

Agar menjadi kebiasaan baik, mengajari anak menyikat gigi sebaiknya dilakukan dengan memberi contoh langsung di depan anak. Mengajak menggosok gigi bersama sebelum tidur bisa menjadi aktivitas rutin yang mendekatkan orang tua dan buah hati.

Kreativitas orang tua dituntut di sini saat membiasakan anak menggosok gigi. Kita bisa menggunakan metode dongeng atau lewat lirik lagu agar mereka bersemangat menggosok gigi. Cara lain bisa dengan membiarkan anak memilih sikat dan pasta giginya sendiri. Hanya saja, orang tua perlu memastikan perlengkapan menggosok gigi yang mereka pilih sesuai dengan usia mereka.

Sikat gigi yang tepat untuk buah hati sebaiknya berukuran mungil sesuai usia anak dan mempunyai bulu yang lembut. Tujuannya agar sikat ini tak melukai rongga mulut anak yang masih sensitif. Jika masih bingung dengan problem ini, tidak ada salahnya untuk melakukan kunjungan ke klinik gigi Global Estetik yang menyediakan layanan konsultasi untuk pasien dari segala umur.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat