All About Mahkota Gigi – Perawatan

All About Mahkota Gigi – Perawatan

Global Estetik – Mahkota gigi tidak dimaksudkan untuk bertahan selamanya, tapi jika anda bersedia mendedikasikan waktu setiap hari untuk membersihkan gigi anda, mahkota ini bisa bertahan sepuluh tahun atau lebih. Berikut adalah beberapa tip dasar untuk membantu anda menjaga penampilan dan fungsionalitas mahkota gigi anda:

  • Pastikan menyikat gigi dua kali sehari dengan pasta gigi non-abrasif setiap hari. Anda mungkin juga perlu mengubah teknik flossing anda untuk menghindari copotnya mahkota gigi. Saat flossing di dekat mahkota, anda harus menarik benang dari depan ke belakang di antara gigi, daripada menarik benang lurus ke atas atau ke bawah. Dengan cara ini, benang tidak akan tertangkap di bawah mahkota hingga dapat menariknya dari fondasinya. Jika anda memiliki mahkota yang didukung implan, pastikan anda juga tetap floss konektor yang menyambungkan mahkota ke implan.
  • Temui dokter gigi pilihan anda setidaknya dua kali setahun. Dokter gigi pilihan anda akan memonitor keadaan dental crown anda, membersihkan gigi, dan mungkin juga mengambil gambar sinar-X sehingga dia dapat menilai kesehatan gigi yang tersisa di bawah mahkota.
  • Menahan diri dari mengonsumsi makanan lengket seperti karamel dan melakukan upaya untuk meminimalkan penggunaan sisi mulut anda yang menggunakan mahkota gigi.
  • Hindari makanan keras yang membutuhkan kekuatan berlebihan untuk makan sebanyak mungkin. Cobalah untuk menghindari mengunyah es atau memecahkan permen keras.
Perawatan Mahkota Gigi- Global Estetik Dental Care
Perawatan Mahkota Gigi- Global Estetik Dental Care
  • Jika Anda menderita bruxism, kenakan penjaga mulut (mouthguard) anda setiap malam untuk menghindari kerusakan mahkota anda, begitu pula dengan gigi alami anda.
  • Beberapa orang menggunakan gigi mereka untuk merobek paket plastik. Jangan gunakan area mulut anda yang berisi mahkota untuk melakukannya (dan secara umum, banyak dokter gigi menyarankan untuk tidak melakukan tekanan semacam ini pada gigi anda). Juga, cobalah untuk tidak menggigit kuku, karena ini juga bisa membahayakan crown yang telah dipasang.
  • Menggunakan obat kumur dapat membantu melestarikan kesehatan mulut, namun jangan menggunakan obat kumur berbasis alkohol, karena ini bisa mengganggu ikatan semen yang menahan dental crown di tempatnya. Selain itu, hindari minum alkohol berat, karena bisa memiliki efek yang sama.
  • Pertahankan diet sehat dan seimbang tanpa terlalu banyak makanan asam, manis, atau karbohidrat-berat yang bisa mendorong terbentuknya plak. Bakteri dalam plak bisa memecah enamel pada gigi anda dan menyebabkan rongga. Memiliki gigi berlubang di sekitar mahkota dapat membahayakannya. Jika Anda makan makanan dan minuman yang dapat mempercepat timbulnya plak, segera bilas mulut anda dengan air dan cobalah untuk membersihkan gigi anda sesegera mungkin.
  • Hindari merokok, yang secara negatif mempengaruhi kesehatan gigi dan mulut anda secara keseluruhan.

Konsultasikan bersama dokter gigi pihan anda untuk mendapatkan lebih banyak tips perawatan mahkota yang mungkin spesifik untuk keadaan atau gaya hidup anda.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat