All About Mahkota Gigi – Keuntungan Estetika dan Efek Samping

Global Estetik – Selain mengembalikan gigi, mahkota gigi memberikan penampilan kosmetik. Jelas, mahkota stainless steel dan logam memiliki tampilan yang mencolok di dalam mulut, tapi mahkota berwarna gigi bisa memberikan perbaikan estetika secara instan. Bahkan, beberapa dokter gigi menggunakan mahkota sebagai perawatan gigi kosmetik. Manfaat estetika mahkota meliputi:

  • Keseimbangan alami dan simetri mereka bisa mengembalikan senyuman, terutama jika gigi yang terlibat sangat menonjol atau rusak berat.
  • Mahkota gigi dapat segera memutihkan dan meluruskan gigi, karena mahkota menutupi ketidaksempurnaan. Selain itu, porselen biasanya tahan noda, mencegah perubahan warna di masa depan dengan perawatan yang tepat.
  • Sementara itu tergantung pada bahan spesifik yang digunakan, kebanyakan mahkota berwarna gigi relatif tahan lama, meminimalkan risiko patah atau retakan di masa depan.
  • Mahkota dan jembatan yang didukung implan sering memberikan tampilan yang lebih baik daripada restorasi tradisional untuk gigi yang hilang karena mereka cenderung tidak bergeser dan berperilaku lebih seperti gigi alami, karena melekat pada akar sintetis.
Baca Juga :  Veneer Tidak Langsung - Porselen [Bagian Pertama] - Untung dan Rugi

Restorasi ini dapat mencegah anda merasa kurang pede akan senyuman sambil memperbaiki kesehatan gigi anda.

Efek Samping Sementara

Mempersiapkan dan menempatkan mahkota gigi dapat mengurangi banyak gejala yang tidak nyaman, namun prosedur ini mungkin memiliki efek samping sementara. Ini bisa meliputi:

  • Sensitivitas gigi atau sakit: Jika gigi yang ada akan berfungsi sebagai pondasi, bebrapa bagian gigi harus dilepas sehingga bisa menampung mahkota. Hal ini dapat menyebabkan sedikit nyeri selama beberapa hari berikutnya, meskipun bisa ditangani dengan resep obat penghilang rasa sakit.
  • Gusi berdarah di dekat tempat mahkota: Gigi yang terpasang dengan benar harus diletakkan di atas gusi. Namun, terkadang menempatkan mahkota pada gusi dapat menyebabkan iritasi sementara, pembengkakan atau pendarahan, terutama jika penggaliannya terlalu rendah. Jika pendarahan berlanjut, hubungi dokter gigi anda, karena mahkota gigi anda mungkin perlu disesuaikan.
  • Respon negatif terhadap reaksi anestesi: Kebanyakan dokter gigi menggunakan anestesi lokal untuk menempatkan mahkota gigi. Meskipun sangat jarang, beberapa pasien memiliki reaksi alergi terhadap anestesi lokal, yang dapat menyebabkan gatal, ruam, gatal-gatal, sulit bernafas, atau pada kasus-kasus yang parah, syok anafilaksis, yang dapat mengancam jiwa jika tidak segera ditangani. Untuk mengurangi risiko ini, bicarakan riwayat kesehatan anda dan alergi dengan dokter gigi sebelum prosedur anda.
  • Efek samping dari obat penghilang rasa sakit: Jika anda mengonsumsi obat penghilang rasa sakit untuk mengurangi ketidaknyamanan setelah persiapan atau penempatan mahkota, Anda mungkin mengalami efek samping sementara dari obat ini. Ini bisa termasuk ruam, mual, mulas, pusing, kelelahan, sakit kepala, kantuk, dan kebingungan.
Baca Juga :  Apa Garis Gusi yang Surut Disebabkan Faktor Umur?

Jika efek samping sementara ini berlanjut lebih dari beberapa hari, segera hubungi dokter gigi pihan anda.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat