Alat-Alat yang Digunakan Dalam Perawatan Myofunctional

Global Estetik – Seperti artikel yang sebelumnya, disini kita masih membahas tentang seluk beluk perawatan myofunctional. Bedanya, kalau di artikel yang lalu kita lebih banyak membahas tentang pengertian dan manfaat dari perawatan myofunctional. Sedangkan pada artikel ini, kita akan membahas lebih jauh tentang beragam alat yang digunakan dalam perawatan myofunctional. Kira-kira ada peralatan apa saja ya ? Langsung simak ulasannya di bawah ini.

Menurut Proffit,et.al.,(2007), ada tiga kelompok peralatan myofunctional yang umum digunakan dalam perawatan myofunctional yakni peralatan Tooth Borne yang dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu :

Tooth Borne Pasif

Peralatan myofunctional yang pertama yaitu Tooth Borne Pasif. Sesuai dengan namanya, Peralatan Tooth Borne Pasif bekerja secara pasif. Maksudnya, alat myofunctional ini bekerja hanya dengan mengikuti peregangan pada jaringan lunak dan juga aktivitas dari otot-otot pengunyah. Hal inilah yang nantinya akan mempengaruhi hasil dari rangkaian perawatan myofunctional. Alat myofunctional yang termasuk dalam jenis Peralatan Tooth Borne Pasif adalah Activator, Bionator, Alat Herbs, serta Alat Twin Block.

Baca Juga :  Mencegah Kehilangan Massa Tulang - Penting untuk Pasien Implan Gigi

Tooth Borne Aktif

Sesuai dengan namanya, peralatan Tooth Borne ini bekerja secara aktif dengan bantuan dari alat penunjang lainnya. Peralatan Tooth Borne Aktif ini merupakan suatu modifikasi dari peralatan Tooth Borne Pasif yakni Aktivator dan Bionator.

Perawatan Myofunctional- Global Estetik Dental Care
Perawatan Myofunctional- Global Estetik Dental Care

Alat ini bekerja dengan menggunakan pegas yang sudah ditambahkan pada Aktivator atau pun Bionator tersebut. Pegas ini dapat menghasilkan daya intrinsic pada alat myofunctional yang nantinya bertugas untuk menggerakkan gigi ke arah transversal dan antero-posterior. Alat myofunctional yang termasuk dalam jenis Peralatan Tooth Borne Aktif adalah Expansion Activator, Orthopedic Corrector, dan Sagital Appliance .

Baca Juga :  Pentingnya Menjaga Kesehatan Gigi dan Gusi Selama Kehamilan

Peralatan Tissue Borne

Peralatan myofunctional yang selanjutnya adalah Peralatan Tissue Borne. Peralatan ini berfungsi untuk mengembalikan struktur rahang dan gigi yang salah akibat adanya kelainan fungsional. Peralatan Tissue Borne bekerja dengan cara  mencegah tekanan berlebih pada gigi dan prosessus alveolaris. Tekanan berlebih ini biasanya berasal dari lidah, pipi, serta bibir yang ditakutkan dapat mengganggu jalannya proses perawatan myofunctional.

Alat myofunctional yang termasuk dalam kelompok peralatan Tissue Borne ini hanya satu yakni Functional Regulator yang sering di singkat dengan F.R, F.R.1, F.R.2, F.R.3, dll. Itulah informasi tentang alat-alat yang digunakan pada perawatan myofunctional. Segera kunjungi dokter gigi Anda dan dapatkan perawatan myofunctional untuk memperbaiki brntuk rahang dan gigi Anda.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat