Alasan Wajib Operasi Gigi Bungsu

Alasan wajib operasi gigi bungsu

Alasan wajib operasi gigi bungsu

Yuk Simak!

globalestetik.com – Rasa nyeri yang tidak tertahan dan datang tiba-tiba akibat gigi bungsu geraham tentunya sangat mengganggu bukan? selain itu rasanya pasti tidak menyenangkan sekali. Kalau kamu sedang mengalami hal ini, kamu tepat sekali datang kesini!

Biasanya ketika gigi geraham bungsu akan tumbuh rasa sakit ataupun nyeri yang ada itu tidak tertahan, tentunya setiap orang berbeda-beda mengalaminya. Kalau kamu pergi ke dokter, kemungkinan besar dokter akan merekomendasikan untuk mencabut gigi dengan metode operasi.

Tapi sayangnya sebagian orang masih merasa ragu terkait operasi cabut gigi ini, biasanya terkait biaya yang akan dikeluarkan untuk operasi gigi geraham bungsu. Karena semuanya bergantung pada metode, prosedur hingga fasilitas yang tersedia saat operasi. 

Dalam dunia kedokteran sendiri, istilah cabut gigi geraham bungsu ini biasa dikenal dengan sebutan odontektomi. Jika kasusnya ringan, operasi cabut gigi ini tidak harus dilakukan oleh dokter spesialis bedah gigi dan mulut, tetapi bisa saja oleh dokter umum biasa. Akan tetapi, bila kasusnya dirasa sedikit rumit, maka perlu dokter gigi spesialis bedah mulut. 

Sebelum kita mencari tau berapa kisaran biaya dari operasi gigi bungsu geraham ini, yuk kita simak alasan-alasan mengapa gigi geraham bungsu itu harus dicabut segera:

5 Alasan gigi bungsu kamu harus segera dicabut!

Alasan wajib operasi gigi bungsu – Ternyata ada beberapa alasan yang menguatkan mengapa gigi geraham bungsu ini harus dicabut, antara lain sebagai berikut:

  1. Memicu adanya infeksi

Jadi ketika gigi geraham bungsu ini tumbuh, tentunya akan menimbulkan berbagai permasalahan seperti nyeri hingga bengkak dan mungkin saja bernanah, biasanya para dokter tidak akan langsung mencabut gigi tersebut. Tetapi dokter akan berusaha untuk mengobati infeksinya terlebih dahulu, ketika infeksi ini telah sembuh barulah dokter akan melakukan prosedur pencabutan gigi yang biasanya dilakukan.

Karena jika tidak dicabut segera, bukan tidak mungkin bakteri-bakteri yang ada di gigi tersebut akan kembali dan merusak gigi sekitarnya. Jika sudah seperti ini kamu akan merasakan sakit kembali, tentunya kamu tidak ingin merasakan ini bukan? 

  1. Kemungkinan besar merusak tulang rahang 

Alasan lain mengapa gigi geraham bungsu harus segera dicabut yaitu, karena adanya kemungkinan bahwa gigi geraham bungsu ini bisa memicu kerusakan pada tulang rahang. Pada beberapa kasus nantinya, gigi bungsu geraham yang tumbuh tidak benar ini atau menyimpang biasanya terjebak di dalam gusi dan dapat terbungkus oleh kantung yang di dalamnya berisi carian. 

Kantung cairan ini besar kemungkinannya akan tumbuh menjadi kista. Sehingga jika hal ini dibiarkan terus menerus, maka kista itu akan merusak gigi dan jaringan-jaringan yang ada di sekitarnya serta tulang rahang gigi. 

  1. Membuat susunan gigi akan berantakan

Alasan wajib operasi gigi bungsu – Sebagai gigi yang tumbuh paling terakhir tentunya ini menjadi gap dari gigi terakhir tumbuh, karena gigi terakhir tumbuh itu pada usia sekitar 12 tahun dan ketika gigi geraham tumbuh ini sudah sangat lama sekali jarak waktunya.

Posisi dari gigi geraham bungsu yang tumbuh miring ini nantinya dapat mendorong gigi-gigi di depannya jadi bergeser. Sehingga jika hal ini terjadi, maka lama-kelamaan sususan pada gigi bisa jadi berantakan dan juga tidak rapi. 

  1. Berbahaya bagi kesehatan gigi yang ada di sekitarnya

Gigi yang terkena impaksi atau gigi geraham bungsu yang tumbuh miring ini nantinya akan membuat sisa-sisa makanan jauh lebih mudah tersangkut, sehingga sulit untuk dibersihkan. Kondisi ini nantinya akan memicu penumpukan bakteri yang bisa saja dapat merusak gigi bungsu itu sendiri dan juga gigi yang berada sekitarnya. Gigi yang terletak di sebelah gigi bungsu jadi berlubang dan sakit tentunya. Hal ini sangat menganggu bukan?

  1. Kesehatan dan kebersihan dari gusi yang terancam

Jika gigi bungsu ini tidak segera dicabut dan dibersihkan, maka gigi ini akan mengancam kesehatan gigi yang lainnya. Hal ini bisa terjadi karena gigi bungsu geraham bisa terjadi impaksi dikarenakan ukuran pada rahang manusia yang mengecil. Hal ini terbentuk karena kebiasaan pola makan manusia yang cenderung dan lebih sering mengkonsumsi makanan-makanan yang lunak dan juga sudah matang. 

Akibatnya ukuran kecil pada rahang inilah yang membuat gigi geraham bungsu tidak memiliki tempat untuk tumbuh. Sehingga apabila gigi geraham bungsu tertanam di dalam gusi, tetap saja gigi geraham bungsu ini akan memaksa untuk mencuat keluar sehingga mengakibatkan gusi lebih terbuka dan juga nyeri. Selain itu, gigi geraham bungsu ini bisa menjadi perangkap dari bakteri-bakteri yang berada di dalam mulut dan membuat gusi juga lebih rentang mengalami infeksi. 

 

 Berapa kisaran biaya operasi gigi bungsu ini?

Alasan wajib operasi gigi bungsu – Beberapa orang terkadang enggan untuk mencabut gigi geraham bungsu yang impaksi ini dikarenakan biaya yang harus dikeluarkan untuk operasi yang dinilai mahal. Padahal sangat jauh lebuh berbahaya jika tidak segera dicabut, karena impaksi gigi ini dapat mengancam kesehatan gigi dan juga gusi, tentunya jika dibiarkan akan banyak dampak yang diberikan.

Pada umunya, biaya operasi gigi geraham bungsu ini bisa berbeda-beda harganya. Hal ini bergantung pada tingkat keparahan gigi, tempat praktik dokter, fasilitas, metode yang akan digunakan, jenis obat yang akan diberikan dan factor-faktor lainnya. Hingga saat ini biaya dari operasi gigi geraham bungsu di klinik gigi swasata atau rumah sakit ini bisa berkisar di angka Rp 2.000.000 juta hingga Rp 5.000.000. Tentunya harga ini bukan harga keseluruhan gigi, tetapi dihitung berdasarkan biaya per gigi yang akan dicabutnya nanti.

Sementara itu, biaya operasi gigi bungsu dan geraham yang dilakukan di fasilitas kesehatan umum seperti rumah sakit umum daerah hingga puskesmas ini biasanya biaya yang dikenakan relative jauh lebih murah daripada rumah sakit atau klinik gigi, umumnya untuk biayanya sendiri bisa dari Rp. 500.000 sampai dengan Rp 1.000.000 juta untuk 1 gigi nya saja. 

Tetapi biaya yang murah ini biasanya belum termasuk biaya dari segala prosedur sebelum pencabutan gigi. Misalnya ketika rontgen gigi panoramic yang harganya sekitar Rp 150.000 sampai dengan Rp 300.000 untuk 1 kali foto ini belum termasuk. 

Selain itu yang perlu kamu ketahui juga, bahwasanya biaya operasi gigi bungsu geraham ini dengan menggunakan metode bius total juga berbeda antara dokter gigi umum dengan dokter spesialis gigi bedah dan mulut. Hal inilah yang perlu kamu pastikan terlebih dahulu dan kamu tanyakan sebelum menjalani prosedur pencabutan gigi, supaya ketika akan membayar tagihannya nanti kamu tidak terkejut dengan total tagihan yang diberikan. 

Setelah proses pencabutan gigi telah selesai, dokter nantinya akan meresepkan obat untuk membantu proses penyembuhan yang biayanya juga sangat bervariasi tergantung pada jenis obat yang akan diberikan oleh dokter. 

Hal yang kamu perlu ketahui dan pahami bahwasanya semakin tinggi tingkat kesulitan operasi yang diberikan, maka akan semakin mahal pula total dari biaya operasi gigi bungsu ini. 

 

Global Estetik Cabang Depok di

Gedung ITC Depok Lantai Mezanine No.1 ( *Persis di Sebelah Samsat ITC Depok Di Dalam Gedung ITC nya yaa..* )

Telpon Klinik: 021 2931 8795 

https://wa.me/6285775569694

Buka senin s/d minggu jam 09.00 – 20.00

Rute Gmaps : https://www.google.co.id/maps/dir/-6.3910531,106.8296376/global+estetik+itc+depok/@-6.3926825,106.8217773,16z/data=!3m1!4b1!4m9!4m8!1m1!4e1!1m5!1m1!1s0x2e69ebe1acdf3707:0x44a5e05c694dad46!2m2!1d106.8226318!2d-6.3926372 

Untuk Cek Daftar Harga,Harga Promo dan Reservasi Cabang yg di pilih, Silahkan Klik Link di bawah ini, tks

https://linktr.ee/globalestetik

Kotak Depok – https://globalestetik.com/kota-depok/

 

Penulis oleh Drg. Arnof