4 Alasan Dibalik Munculnya Masalah Gusi Berdarah

klinik gigi depok gusi berdarah

4 Alasan Dibalik Munculnya Masalah Gusi Berdarah

Global Estetik – Saat menggosok gigi malah melihat gusi berdarah. Pernahkah anda mengalami hal seperti itu? Biasanya hal itu kita sadari setelah selesai kita menggosok gigi, saat hendak membuang busa sisa pasta gigi yang ada di mulut kita. Ada warna putih bercampur merah sedikit, yaitu busa yang bercampur sedikit darah yang tampak. Setelah diperiksa di depan cermin ternyata ada bagian gusi yang mengeluarkan darah.

Anggapan orang biasanya karena terkena tangkai sikat atau karena terlalu keras memberi tekanan pada gigi saat menggosoknya, ada benarnya juga. Bisa juga terjadi karena bulu sikat yang kita gunakan terlalu kaku, sehingga menyebabkan luka pada gusi. Itu semua adalah faktor luarnya saja, tapi yang akan kita bahas disini adalah faktor dalamnya juga.

Bila gusi berdarah terjadi sesekali saja itu masih termasuk hal yang bisa dikatakan belum darurat, tapi bila sudah lebih dari sekali bahkan berulang-ulang, sudah tidak dapat dikatakan wajar. Gusi yang berdarah sebenarnya tidak bisa dikatakan normal lagi, sama halnya seperti kulit yang mengeluarkan darah, pasti dalam keadaan tidak normal seperti terjadi luka.

Gusi yang berdarah berarti gusi mengalami peradangan atau ginggivitis. Banyak penyebabnya, baik itu karang gigi, bakteri, dll. Kita fokus membahas gusi yang berdarah saat menggosok gigi, hal itu dapat terjadi karena gusi yang radang lalu terkena gosokan sikat gigi.

Penyebab Munculnya Gusi Berdarah
  1. Karena Jarang Menyikat Gigi

gusi berdarah Bila jarang menyikat gigi dan membersihkan rongga mulut, bakteri hanya butuh waktu 24 jam untuk menginfeksi dan membuat gusi menjadi radang. Gusi yang radang akan terlihat memerah, dan bila terkena sikat gigi akan mengeluarkan darah.

  1. Kurang Istirahat dan Stres

Bukan hanya bagi gusi, kurangnya istirahat dan stres juga dapat mengakibatkan penyakit lainnya. Kurangnya istirahat dapat membuat tubuh menjadi lemas dan lesu. Begitu juga sistem kekebalan tubuh kita akan menurun. Sehingga kekuatan tubuh untuk melawan serangan bakteri yang menginfeksi gusi tidak ada. Sehingga peradangan gusi terjadi.

  1. Mulut Kering

Mulut kering banyak sekali penyebabnya. Bisa karena sedang mengkonsumsi obat-obatan tertentu atau bisa juga karena produksi air liur di rongga mulut menurun. Kekeringan di dalam mulut dapat mempercepat perkembangbiakan bakteri. Sehingga dampaknya pun bisa berupa radang gusi, gigi berlubang, dll.

  1. Karang Gigi

Karang gigi menempel pada bagian antara gigi dan gusi, yang lebih tepat di daerah perlekatan gigi dan gusi. Karang gigi yang menumpuk menyebabkan gusi meradang dan mengikis gusi sedikit demi sedikit. Hal ini adalah salah satu masalah munculnya gusi berdarah.

Hal sederhana yang dapat kita lakukan untuk menghindari gusi berdarah adalah menjaga selalu kebersihan mulut, agar bakteri tidak dapat berkembangbiak dengan baik sehingga menurunkan dampak buruk yang terjadi bagi rongga mulut.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat