Air Ludah: Salah Satu Pilar Kesehatan Gigi dan Mulut

Global Estetik – Menjaga kesehatan gigi dan mulut Anda berarti menyikat gigi dan flossing setiap hari. Praktek-praktek ini diperlukan untuk menjaga gusi, gigi, dan lidah bebas dari bakteri berbahaya yang dapat menyebabkan infeksi, seperti penyakit gusi atau kerusakan gigi.

Meskipun menyikat gigi dan flossing adalah dua faktor penting dalam pemeliharaan kesehatan mulut Anda; apakah Anda pernah membayangkan bahwa air liur juga memainkan peran penting? Tanpa air liur dalam jumlah yang tepat, makanan tidak akan terasa enak, pencernaan tidak akan semudah yang kita perkirakan, dan risiko kerusakan gigi dan penyakit gusi akan semakin meningkat.

Selain membantu pencernaan, air liur diperlukan untuk menjaga kesehatan mulut kita. Saliva adalah pertahanan alami tubuh terhadap kerusakan gigi; karena ia mampu menetralkan asam dan gula yang bening dari mulut, dua zat yang dapat menyebabkan gigi yang membusuk. Ini berarti bahwa, tanpa jumlah air liur yang diperlukan, Anda bisa berisiko mengalami kerusakan gigi dan masalah kesehatan mulut lainnya. Tapi ini menimbulkan pertanyaan, seberapa banyak air liur yang cukup?

Para ahli medis mengatakan bahwa ada berbagai tanda-tanda yang mengatakan bahwa tubuh Anda tidak menghasilkan cukup air liur. Bibir kering atau peeling yang konstan, infeksi ragi pada mulut, kesulitan mengunyah atau menelan, dan masalah pencernaan semuanya mungkin merupakan gejala tubuh yang membutuhkan lebih banyak air liur. Untuk membantu mendorong produksi air liur dan menghindari mulut kering, minum air dengan jus lemon sepanjang hari akan dapat membantu.

Beberapa trik lainnya untuk meningkatkan jumlah produksi saliva dalam mulut adalah dengan mengonsumsi permen karet tanpa gula yang mengandung xylitol. Jangan salah sangka dulu, bukan xylitol yang sebenarnya memancing munculnya saliva namun proses mengunyah permen tersebut. Jadi tidak ada salahnya jika Anda mengonsumsi jenis permen karet ini jika Anda tidak sempat menyikat gigi di siang hari.

Dengan semua ini, jika Anda menderita gejala umum kurangnya air liur, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter gigi yang dapat dipercaya dan berpengalaman di Klinik Global Estetik, untuk memastikan bahwa kesehatan mulut Anda masih sempurna. Untuk mendaftar cukup mudah, cukup telepon, kunjungi situs kami atau Anda dapat download aplikasinya di Google Store.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat