Abses Gigi – Perawatan dan Pencegahan

Abses Gigi – Perawatan dan Pencegahan

Global Estetik – Tujuan dari perawatan adalah untuk mengurangi dan menghilangkan bakteri yang membawa masalah dan penyebab akumulasi mereka. Abses yang besar mungkin perlu dikeringkan sebelum pengobatan lebih lanjut dan pemberian antibiotik juga akan diindikasikan. Setiap abses gigi dirawat sesuai dengan faktor penyebabnya.

Abses yang paling umum, abses periapikal dapat dirawat dengan cara berikut: Jika gigi dapat direstorasi maka perawatan saluran akar akan menjadi tindakan pertama yang diikuti oleh restorasi gigi termasuk penempatan mahkota yang merupakan pilihan yang lebih dianjurkan dalam banyak kasus. Kadang-kadang, perawatan lebih lanjut mungkin juga akan diperlukan dan tindak lanjut rutin perawatan saluran akar diperlukan untuk memastikan penyembuhan yang memadai. Jika gigi dianggap tidak dapat diperbaiki, diperlukan pencabutan gigi yang terkena dampak.

klinik gigi jakartaUntuk abses gingiva dan periodontal, diperlukan debridemen dalam jaringan di sekitar gigi. Perawatan ini sesuai dengan obat antiseptik dan antibakteri. Sekali lagi, tindak lanjut ini biasanya diperlukan. Untuk abses perikoronal, baik debridemen area bersamaan dengan beberapa operasi biasanya dengan menggunakan laser akan digunakan untuk mengekspos gigi pada lingkungan mulut atau jika impaksi terlalu dalam, maka akan diperlukan ekstraksi gigi yang terkena dampak abses tersebut. Untuk kombinasi abses periodontal dan periapikal, terapi kombinasi terapi saluran akar serta debridemen lokal pada area akan diindikasikan.

Pencegahan Abses Gigi

Menghindari kerusakan gigi dan infeksi gusi adalah kunci untuk mencegah timbulnya absesg gigi. Mempertahankan standar kebersihan mulut pada level tertinggi adalah garis pertahanan pertama melawan bakteri yang menyebabkan kerusakan gigi dan penyakit gusi sehingga menyikat gigi dua kali sehari dan menggunakan pasta gigi berfluoride adalah cara termudah untuk menghindari abses.

Flossing juga sama pentingnya dengan membersihkan bagian gigi yang tidak akan dijangkau oleh sikat gigi. Menggunakan obat kumur antiseptik juga akan membantu mencegah gigi berlubang dan menjaga gigi tetap kuat dan bebas dari penyakit.

Pola makan yang sehat dan membatasi asupan gula juga sangat penting dalam memerangi penyakit apa pun. Kita harus menghindari ngemil di sela waktu makan dan jika perlu, pilih camilan sehat seperti buah-buahan dan sayuran. Pola makan yang sehat juga merupakan kunci bagi sistem kekebalan tubuh yang sehat untuk membantu melawan segala macam infeksi.

Kunjungan rutin ke dokter gigi adalah suatu keharusan untuk mencegah pembentukan abses karena diagnosis dini adalah kunci untuk intervensi dini yang sangat penting dalam hasil perawatan. Dianjurkan untuk mengunjungi dokter gigi setidaknya setiap 6 bulan bahkan jika Anda telah bebas dari gejala untuk memastikan bahwa mulut tetap sehat dan bebas dari penyakit.

Tags:

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat