8 Super Food untuk Kesehatan Gigi – Part 2

dokter gigi bandung

8 Super Food untuk Kesehatan Gigi – Part 2

Global Estetik – Sekarang, ada banyak penelitian yang telah menemukan bahwa makanan tertentu juga akan berdampak baik untuk gigi. Sama seperti apa yang disebut “makanan fungsional” dapat menjaga kesehatan jantung Anda,  orang lain dapat meningkatkan kesehatan mulut, menurut Christine D. Wu, seorang peneliti kedokteran gigi anak di University of Illinois di Chicago. Berikut ini delapan jenis makanan ramah gigi yang akan memberi dampak positif pada kesehatan gigi.

Makanan Bertekstur

Diperlukan proses mengunyah untuk memecah makanan seperti wortel, apel, dan mentimun. Tapi semua itu tidak sia-sia. Mengunyah “dapat mengganggu plak gigi, dan berfungsi sebagai mekanisme pembersihan,” kata Wu. Jadi, alih-alih tetap di mulut dan menetap di gigi, bakteri akan dibersihkan.

Makanan yang Kaya Vitamin

Makanan yang mengandung kalsium – seperti keju, almond, dan sayuran hijau – dan makanan tinggi fosfor – seperti daging, telur, dan ikan – dapat membantu menjaga enamel gigi kuat dan sehat, menurut American Dental Association. “Makanan dan minuman asam dapat menyebabkan lesi kecil pada email gigi,” kata Wu. “Kalsium dan fosfat membantu mengembalikan mineral kembali ke lesi tersebut.” Kalsium juga baik untuk tulang, termasuk rahang.

Permen Laret tanpa Gula

klinik gigi jakartaMengunyah dapat meningkatkan sekresi air liur, membersihkan beberapa bakteri, kata Wu. Kata kunci di sini adalah “tanpa gula.” Ingat! Bakteri mengandalkan sukrosa untuk menghasilkan plak.

Susu

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American Dental Association pada bulan Juli tahun lalu, Wu dan timnya menemukan bahwa minum segelas susu setelah dikeringkan atau Fruit Loops yang dimaniskan dengan gula akan menurunkan kadar asam dalam mulut lebih baik daripada air minum atau jus apel. . “Susu menetralkan beberapa asam yang dihasilkan oleh bakteri plak,” kata Wu.

Namun, menambahkan susu ke sereal tidak memiliki manfaat yang sama. “Susu menjadi manis yang akan buruk bagi gigi,” tambah Wu. Minum segelas susu setelah makan makanan penutup yang manis, seperti kue cokelat, juga dapat melindungi gigi.

Cranberry

Cranberry mengandung polifenol (seperti halnya teh), yang dapat mencegah plak menempel pada gigi, sehingga menurunkan risiko gigi berlubang, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Caries Research. Peringatan: Karena buahnya sangat asam, banyak produk cranberry telah menambahkan gula, yang dapat mempengaruhi manfaat potensial bagi gigi, kata Wu.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat