8 Futuristic Teknologi dalam Dunia Kedokteran Gigi – Part 5

Global Estetik – Sama seperti dalam kasus spesialisasi medis lainnya, inovasi akan memiliki dampak besar pada bagaimana kedokteran gigi akan dipraktekkan dan bagaimana pasien akan mengurus diri mereka sendiri di masa depan. Dapatkah anda membayangkan bahwa anda mungkin akan mendapatkan prostesis 3D dalam satu jam, bukan 4-5 sesi di dokter gigi? Dapatkah anda membayangkan memiliki seorang teledentist? Atau bisa menumbuhkan gigi baru pada usia 80 tahun? Berikut adalah beberapa futuristic concept dari dunia kedokteran gigi.

Desain dan Pencetakan 3D

Ini adalah teknologo yang mulai menghasilkan buzz dalam perawatan kesehatan beberapa waktu yang lalu. Ini membantu para profesional medis membangun alat-alat medis di daerah terpencil, dan membantu menciptakan prosthetics dan bahkan mampu mencetak obat-obatan!

Dalam kedokteran gigi, desain berbantuan komputer (CAD) dan pembuatan dengan bantuan komputer (CAM), termasuk pencetakan 3D merevolusionerkan peran laboratorium gigi: mereka mengubahnya menjadi laboratorium digital murah dan lebih efektif. Secara tradisional ketika seorang pasien membutuhkan mahkota, dokter gigi harus membuat cetakan gigi dan membentuk mahkota sementara, lalu menunggu laboratorium gigi untuk membuat gigi permanen.

Dengan teknologi CAD / CAM, gigi dibor untuk mempersiapkannya pada proses pemasangan mahkota dan gambar diambil dengan komputer. Gambar ini kemudian diteruskan ke mesin yang membuat mahkota tepat di klinik. Dengan printer 3D melakukan kerja keras, lab gigi menghilangkan hambatan pemodelan manual dan membiarkan bisnis berkembang. Stratasys, Envisiontech atau FormLabs menawarkan solusi berteknologi tinggi untuk laboratorium dengan teknologi percetakan tiga dimensi ini. Di masa depan, kita bahkan dapat mencetak temporer, gigi palsu, atau panduan bedah dan gigi porselen.

CRISPR

CRISPR adalah metode pengeditan genom inovatif yang ditawarkan baru-baru ini. Para peneliti menemukan potensi yang sangat besar baru-baru ini. Sistem CRISPR / Cas9 atau endonuklease yang diarahkan oleh RNA yang berasal dari bakteri yang menghasilkan hasil fungsionhal di sini. Dan banyak yang menyebutkan bahwa itu mungkin menjadi senjata pamungkas melawan kanker atau membantu merancang bayi di masa depan.

Jadi, apa yang bisa CRISPR capai dalam kedokteran gigi? Dokter Gigi Anak Roland W. Hansen percaya bahwa mungkin hanya masalah waktu untuk kedokteran gigi akan dapat mengidentifikasi gen penyebab di banyak patologi oral. Jika laboratorium penelitian dapat memberi tahu kita gen mana yang bermasalah untuk gangguan tertentu, kita mungkin dapat menemukan bahwa dalam waktu dekat solusi CRISPR terhadap kesalahan dapat merevisi struktur genetik genom tersebut, sebuah pemikiran yang tidak dapat dibayangkan sampai baru-baru ini.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat