7 Penyakit Non-Dental Yang Dapat Dideteksi Dokter Gigi Anda – Bagian Terakhir

7 Penyakit Non-Dental Yang Dapat Dideteksi Dokter Gigi Anda – Bagian Terakhir

Global Estetik –  Pemeriksaan gigi secara reguler memberi banyak manfaat, selain untuk kesehatan gigi dan mulut, prosedur rutin ini akan dapat memberikan insight mengenai keadaan tubuh anda secara general. Berikut beberapa penyakit non-dental yang dapat dideteksi saat pengecekan rutin.

Kanker Mulut

Kanker mulut adalah jenis kanker yang paling umum keenam yang didiagnosis di dunia, dengan lebih dari 30.000 kasus baru dilaporkan setiap tahun. Saat anda mengunjungi dokter gigi dua kali setahun, dia dapat mencari tanda-tanda penyakit ini. Sebagian besar kasus muncul sebagai lesi merah dan putih di lantai mulut, langit-langit mulut, atau lidah. Faktor risiko yang meningkatkan kemungkinan kanker mulut termasuk konsumsi alkohol berat, merokok, dan paparan HPV, human papillomavirus, yang juga menyebabkan kanker serviks. Seorang dokter gigi dapat melakukan skrining kanker mulut jika ada tanda peringatan.

Stress dan Depresi
Penyakit Non-Dental- Global Estetik Dental Care
Penyakit Non-Dental- Global Estetik Dental Care

Bila anda mengalami hari yang penuh tekanan, minggu, atau bulan di tempat kerja, tubuh anda mungkin merespons dengan cara yang nyata di mulut anda. Salah satu manifestasi fisik stres yang paling umum adalah kondisi yang disebut bruxism, atau penggilingan gigi anda. Anda mungkin menggeretakkan gigi saat anda merasa stres, tapi jika tekanan ekstra mempengaruhi anda pada tingkat bawah sadar, kebiasaan itu mungkin terjadi saat anda sedang tidur.

Menggiling gigi bisa merusak enamel gigi anda, jadi dokter gigi sering merekomendasikan mouthguard yang disesuaikan untuk perlindungan. Akan sangat cerdas untuk mencari konseling, membuat perubahan gaya hidup, atau mencari cara lain untuk mengurangi stres anda.

Nutrisi buruk

Penderita gangguan makan atau mendapat gizi buruk juga menunjukkan tanda di mulut mereka. Kebanyakan orang yang menderita bulimia akan melakukan semua yang mereka bisa untuk menyembunyikannya dari orang lain, tapi sulit menyembunyikannya dari dokter gigi. Seorang profesional gigi mengetahui tanda-tanda yang harus dicari, seperti mulut kering, gusi berdarah, dan erosi pada bagian dalam gigi depan. Asam lambung mengeras di enamel yang menutupi gigi anda, sehingga muntah secara paksa bisa menghilangkan enamel pelindung itu dan menyebabkan kepekaan yang meningkat.

Osteoporosis
Penyakit Non-Dental- Global Estetik Dental Care
Penyakit Non-Dental- Global Estetik Dental Care

Osteoporosis sangat umum terjadi pada wanita pasca menopause, meskipun pelemahan tulang ini bisa terjadi pada siapa saja. Dokter gigi pilihan anda mungkin melihat tanda-tanda seperti gigi longgar atau garis gusi yang surut, yang bisa mengindikasikan adanya perubahan pada tulang yang mendukung gigi. Bila dokter gigi melihat tanda-tanda ini, terutama pada pasien yang berisiko tinggi terkena osteoporosis, dia biasanya akan mengarahkan anda kembali ke dokter perawatan primer untuk tes kepadatan tulang.

Menjaga diri dengan perawatan gigi reguler hadir dengan sejumlah kelebihan. Dokter gigi pilihan anda dapat melihat perubahan di mulut anda, beberapa di antaranya dapat mengindikasikan masalah yang lebih serius. Seorang dokter gigi mungkin bisa mengatasi masalah lebih awal, sehingga anda bisa segera berobat untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat