7 Penyakit Non-Dental Yang Dapat Dideteksi Dokter Gigi Anda – Bagian Pertama

7 Penyakit Non-Dental Yang Dapat Dideteksi Dokter Gigi Anda – Bagian Pertama

Global Estetik – Perawatan gigi secara teratur sangat penting untuk kesehatan gusi dan gigi anda secara keseluruhan. Yang mungkin tidak anda ketahui adalah dokter gigi anda juga bisa melihat tanda-tanda masalah medis non-dental di mulut anda selama pemeriksaan. Beberapa penyakit dan kondisi yang menunjukkan tanda di dalam mulut anda meliputi diabetes, infeksi, kanker mulut, HIV, stres, gizi buruk, dan osteoporosis.

Diabetes
Dideteksi Dokter Gigi- Global Estetik Dental Care
Dideteksi Dokter Gigi- Global Estetik Dental Care

Beberapa tanda yang bisa mengindikasikan diagnosis diabetes termasuk gigi longgar, mulut kering, dan surut, kering, dan gusi berdarah. Imunitas yang buruk dan ketidakmampuan untuk melawan penyakit secara efektif juga membuat lebih sulit untuk luka dan infeksi garis gusi untuk disembuhkan pada pasien diabetes. Gusi berdarah tidak selalu berarti anda menderita diabetes; Masalah ini juga bisa berasal dari radang gusi dan penyakit gusi lainnya. Namun, tanda-tanda peringatan dini ini dapat menyebabkan dokter gigi pilihan anda mendorong anda untuk mengunjungi dokter perawatan primer untuk pemeriksaan glukosa darah.

Infeksi

Jika dokter gigi pilihan anda menemukan tanda-tanda infeksi yang mengganggu di mulut anda, mereka mungkin meresepkan beberapa antibiotik untuk melawan masalah ini. Anda bisa mengalami infeksi mulut setelah prosedur gigi, trauma pada mulut anda, atau masalah lainnya. Tanda-tanda infeksi meliputi rasa sakit yang parah, bengkak, kemerahan di sekitar daerah yang terkena, permukaan yang terasa panas pada sentuhan, demam, dan drainase dari luka atau gigi. Infeksi bisa menyebar ke bagian lain tubuh, termasuk paru-paru dan jantung, jadi sangat penting untuk mengobatinya dengan segera.

HIV
Dideteksi Dokter Gigi- Global Estetik Dental Care
Dideteksi Dokter Gigi- Global Estetik Dental Care

Beberapa kondisi oral mungkin menunjukkan bahwa pasien menderita HIV. Pada kasus anak-anak, pasien mungkin mengalami pembengkakan kelenjar ludah, yang bisa mengakibatkan mulut kering. Anak-anak yang terinfeksi HIV seringkali lebih rentan terkena lesi dan virus lisan, seperti herpes simpleks, herpes zoster, HPV, dan kandidiasis oral. Orang dewasa dengan HIV mungkin menunjukkan tanda-tanda seperti kutil, lesi, putih, merah, ungu, atau bercak putih pada lidah atau di mulut, dan infeksi lainnya. Menurut beberapa penelitian, necrotizing gingivitis ulseratif atau periodontitis terjadi pada hingga 2 sampai 6 persen pasien HIV-positif dewasa.

Gejala ini saja tidak berarti anda memiliki HIV, meskipun dokter gigi yang melihat satu atau lebih dari tanda-tanda ini mungkin menyarankan untuk mengunjungi dokter perawatan primer untuk tes darah. Siapa pun yang terlibat dalam perilaku berisiko harus diuji HIV secara teratur.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat