Global Estetik – Faktor risiko untuk kanker pankreas termasuk kelebihan berat badan atau obesitas, konsumsi daging merah, daging olahan dan alkohol, merokok dan paparan di tempat kerja terhadap bahan kimia dan gen tertentu. Lebih dari 90% kasus kanker pankreas bersifat sporadis, meskipun riwayat keluarga meningkatkan risiko, terutama di mana lebih dari satu anggota keluarga terlibat.

Risiko terkena kanker pankreas juga meningkat seiring bertambahnya usia. Lantas, bagaimana dengan kesehatan mulut? Bisakah kesehatan mulut yang buruk meningkatkan risiko seseorang terkena kanker pankreas? Berikut adalah 5 studi yang menunjukkan hubungan di antara kesehatan gigi dan faktor risiko dari kanker pankreas.

Studi Ketiga

Peran bakteri yang menyebabkan periodontitis pada permulaan kanker termasuk kanker pankreas. Pada Januari 2018, para peneliti di Universitas Helsinki, Rumah Sakit Universitas Helsinki dan Institut Karolinska telah membuktikan keberadaan mekanisme perjalanan bakteri yang terkait dengan periodontitis mungkin muncul pada kanker seperti kanker pankreas. Studi ini dipublikasikan dalam British Journal of Cancer.

Baca Juga :  Mengatasi Masalah Kerusakan Gigi dan Rongga Secara Alami - Part 2
Studi Keempat

Studi menghubungkan bakteri penyakit periodontal dengan risiko kanker pankreas. Pada Juni 2016, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American Medical Association menemukan bahwa orang dengan kadar saliva Porphyromonas gingivalis yang tinggi – sejenis bakteri mulut yang sangat terkait dengan periodontitis – berisiko lebih tinggi terkena kanker pankreas.

Studi Kelima

Risiko kanker pankreas terkait dengan bakteri mulut tertentu. Sebuah studi yang dipresentasikan dalam American Association for Cancer Research pada April 2016 menunjukkan bahwa keberadaan bakteri yang terkait dengan penyakit periodontal di mulut orang yang sehat dikaitkan dengan peningkatan risiko selanjutnya mengembangkan kanker pankreas. Meskipun data ini tidak menunjukkan hubungan sebab akibat, peneliti dari NYU Langone Medical Center mengatakan bahwa ini adalah langkah pertama dalam memahami faktor risiko potensial baru untuk kanker pankreas.

Baca Juga :  10 Mitos tentang Kesehatan Gigi yang Telah Terpecahkan - Bagian Pertama

Semakin banyak penemuan ilmiah mengungkapkan bagaimana kesehatan mulut terhubung dengan kesehatan kita secara keseluruhan. Kebersihan mulut harus dijaga dengan menyikat gigi dua kali sehari dan flossing, diet sehat dan kunjungan rutin ke dokter gigi yang akan sangat penting untuk menjaga kesehatan mulut dan tubuh Anda.