5 Kebiasaan yang Tanpa Disadari dapat Merusak Gigi

5 Kebiasaan yang Tanpa Disadari dapat Merusak Gigi

Tanpa kita sadari, beberapa aktivitas ternyata dapat menimbulkan masalah pada gigi. Meski kita merasa gigi kita cukup sehat, karena tidak pernah merasa sakit gigi atau tidak pernah terasa ngilu saat mengonsumsi makanan yang dingin atau manis. Namun tahukah Anda jika kebiasaan-kebiasaan berikut ini dapat merusak gigi. Salah satu di antaranya yaitu penggunaan flossing terlalu sering. Berikut daftar kebiasaan yang tanpa disadari berisiko merusak gigi.

  1. Mengunyah es batu

Bagi sebagian orang, mengunya es batu merupakan aktivitas yang menyenangkan. Namun tahukah Anda, jika mengunyah es batu dapat mengikis enamel gigi. Selain itu, jika kebiasaan ini terus berlanjut akan menyebabkan melemahkan gigi hingga mati rasa.

  1. Mengunya permen

Berbagai jenis permen, mulai dari permen karet, permen manis hingga vitamin serta semua yang memiliki kandungan gula akan menyebabkan kerusakan pada gigi. Gula yang terdapat di dalam permen tersebut dapat tertinggal pada gigi, sehingga menyebabkan gigi berlubang.

  1. Tindik lidah

Melakukan penindikan pada lidah membuat mulut rentan terhadap infeksi serta kerusakan pada area gigi dan gusi.

  1. Meminum Anggur

Kandungan asam yang terdapat dalam anggur, terutama anggur putih dapat membuat gigi tebuka, karena anggur putih ini menyebabkan rusaknya enamel gigi. Untuk mengurangi kerusakan pada gigi jika meminum anggur, Anda dapat meminum anggur dengan keju, hal ini bertujuan untuk mengurangi keasaman pada anggur. Selain itu, ada baiknya Anda berkumur dengan air setelah meminum anggur.

  1. Menggunakan pasta gigi yang salah

Saat ini banyak sekali pasta gigi yang dijual di pasaran dengan berbagai macam kandungan yang ada di dalamnya. Berbagai bahan yang ada di dalam pasta gigi diklaim memiliki manfaat untuk gigi dan mulut. Namun sebaiknya Anda harus menghindari pasta gigi yang didesain sebagai “tartar control” karena bisa menyebabkan abrasi gigi. Pasta gigi yang mengandung butiran-butiran yang terasa kasar dapat menyebabkan enamel gigi terkikis dan menyebabkan gusi menipis. Sebaiknya pilihlah pasta gigi yang mengandung fluoride.

 

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat