5 Kebiasaan Buruk yang Dapat Merusak Otak

5 Kebiasaan Buruk yang Dapat Merusak Otak

Otak adalah salah satu organ tubuh manusia yang sangat penting. Otak merupakan sistem kontrol dari semua aktivitas yang terjadi di dalam tubuh. Semua informasi, pengalaman dan segala hal lain yang telah dijalani sejak lahir akan disimpan di otak. Oleh karena itu organ tubuh yang satu ini harus dijaga dengan cara yang paling sehat.

Seperti halnya jantung, otak juga merupakan organ vital. Agar otak tetap tenang dan hangat, dapat dilakukan dengan cara menyingkirkan beberapa kebiasaan buruk yang dapat merusak kesehatan. Berikut beberapa kebiasaan yang dapat merusak otak:

  1. Melewatkan Sarapan

Fungsi otak dapat ditingkatkan dengan signifikan, jika mengkonsumsi makanan dengan tepat dan teratur dalam bentuk sarapan pagi. Orang yang sering melewatkan sarapan pagi secara teratur berisiko 36 persen lebih tinggi menderita pendarahan di otak.

  1. Terlalu Banyak Makan

Selain melewatkan sarapan, kebiasaan lain yang juga dapat merusak otak yakni terlalu banyak makan. Namun dalam hal ini, makanan berlebih yang kurang gizilah yang dapat menyebabkan kinerja otak menjadi menurun. Selain itu terlalu banyak mengonsumsi makanan yang kurang gizi juga menyebabkan terjadinya demensia dan volume otak rendah.

  1. Kurang Tidur

Agar kesehatan otak tetap terjaga, penting untuk tidur secara teratur dan berkualitas. Hal ini disebabkan karena pada saat tidur, otak melakukan dua fungsi yang sangat penting yakni, menyimpan kenangan dan menghilangkan racun. Dengan demikian, kurang tidur dapat menyebabkan akumulasi plak dan perubahan ingatan. Selain itu, kurang tidur juga dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami penyakit neurodegeneratif.

  1. Sikap Diam

Komunikasi lisan sangat penting dilakukan untuk menjaga kinerja berbagai bagian otak. Hal ini disebabkan karena komunikasi lisan dan interaksi sosial yang berkurang dapat menimbulkan kecemasan dan depresi.

  1. Merokok

Bagian otak seperti viabilitas neuron dan membrane sel serta membrane sel vermis serebelar dapat mengalami kerusakan akibat akitivitas merokok. Bagian otak tersebut terlibat dalam fungsi motorik halus dan kotor, koordinasi dan keseimbangan.

Itulah beberapa kebiasaan yang dapat merusak otak. Oleh karena itu, agar kesehatan otak tetap terjaga, sebaiknya hindari kebiasaan-kebiasaan tersebut.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat