5 Jenis Behel Gigi Depok

5 jenis behel gigi depok

5 jenis behel gigi depok

 

Yuk Simak!

globalestetik.com – Masalah gigi pada beberapa orang yang memiliki kondisi gigi berantakan dan tidak rapi tentunya dapat mengganggu dan menurunkan rasa kepercayaan diri. Untk mengatasi permasalahan gigi berantakan tersebut dapat dilakukan cara dengan memasang behel gigi. Memasang behel gigi tetu ada berbagai macam jenisnya. Sehingga seseorang dapat memilih behel mana yang menurutnya bagus untuk dipakai di giginya. Apa saja jenis behel gigi ini? Berikut informasinya. 

  • Behel gigi konvensional

5 jenis behel gigi depok – Behel gigi dengan bahan metal merupakan salah satu jenis behel gigi yang paling sering banyak digunakan orang untuk memperbaiki kondisi gigi. Pada jenis behel gigi konvensional memang akan terasa berat saat awal pemasangannya. Hal tersebut dikarenakan behel gigi sedang bekerja untuk memberi tekanan agar gigi dapat bergeser ke posisi yang ideal. Behel gigi konvensional ini cukup efektif dapat mengatasi berbagai masalah pada gigi serta rahang.

Selain itu bracket gigi pada jenis behel gigi konvensional tersedia dalam berbagai warna yang dapat dipilih sesuai dengan selera. Namun tidak jarang para pengguna behel gigi ini mengeluhkan rasa sakit ketika menggunakannnya karena merasa kesulitan ketika mengunyah makanan. Selain itu juga lebih berisiko makanan tersebut akan menempel pada behel serta bracket gigi. Untuk waktu lamanya perawatan behel gigi jenis konvensional yaitu antara 1-3 tahun tergantung kondisi gigi masing-masing orang. 

  • Behel transparan (clean aligner)

Jenis behel gigi yang selanjutnya yaitu jenis behel gigi transparan atau dikenal dengan nama celan aligner yang merupakan salah satu terobosan baru yang ada dalam dunia kedokteran gigi. Jenis behel gigi ini cukup efektif untuk merapikan gigi supaya gigi menjadi selaras. Untuk lamanya perawatan pada jenis behel gigi transaparan ini biasanya akan memakan waktu selama 3-9 bulan, Sesuai dengan namanya yaitu behel gigi trasnparan tampilannya yang transparan tentunya memberi nilai lebih yaitu tidak akan terlalu mencolok. Selain itu jenis behel transparan ini juga dapat dilepas sendiri sesuai dengan kebutuhan masing-masing orang. Tetapi kamu perlu berhati-hati saat kamu memilih behel transparan. Sebaiknya, pilihlah clean aligner dengan kualitas tinggi dari produsen yang sudah terpercaya dan sudah memiliki sertifikasi secara internasional. 

  • Behel gigi keramik

5 jenis behel gigi depok – Jenis behel gigi lainnya yang dapat menjadi pilihan untuk kamu yang tak ingin memiliki tampilan behel gigi yang terlalu mencolok yaitu jenis behel gigi keramik. Keramik yang akan digunakan untuk bracket gigi biasanya memiliki warna bening atau warna yang serupa dengan warna pada gigi. Sehingga behel gigi jenis ini hanya seperti menampakkan kawatnya saja.

Namun behel gigi jenis keramik ini ternyata dapat berubah warna seiring dengan berjalannya waktu, terutama jika penggunanya sering mengonsumsi makanan atau jenis minuman yang dapat menjdi penyebab timbulnya noda pada gigi seperti kopi dan teh. Tidak hanya itu pada jenis behel gigi keramik ini juga lebih rapuh dan mudah pecah, sehingga akan membutuhkan waktu yang lebih untuk behel jenis ini bekerja dalam merawat gigi. Selain itu juga masalah biaya pada jenis behel ini juga lebih mahal dari pada jenis behel gigi konvensional. Itulah beberapa kekurangan pada jenis behel gigi keramik.

  • Behel gigi lingual

Jenis behel gigi lingual merupakan jenis behel gigi yang sama sekali tidak akan menampakkan tampilan behel gigi dari luar. Hal ini dapat terjadi karena letak behel gigi yang berada pada bagian belakang gigi. Letak pada jenis behel gigi ini sebenarnya memiliki fungsi yang sama seperti pada behel biasa meskipun letaknya berbeda. Hanya saja untuk harganya jauh lebih mahal dari pada behel gigi jenis metal dan juga behel keramik. Hal tersebut karena untuk pemasangannya jauh lebih rumit. Selain itu pada jenis behel gigi ini mungkin akan kurang cocok bagi yang memiliki gigi dengan bentuk gigi kecil karena hal tersebut dapat berpotensi menghalangi lidah. Setelah perawatan pada behel gigi lingual selesai selanjutnya dokter mungkin akan menyuruh kamu untuk menggunakan retainer. 

  • Behel gigi self-ligating (damon)

5 jenis behel gigi depok – Jenis behel gigi damon atau self-ligating memiliki sebuah tampilan yang mirip seperti behel gigi jenis konvensional. Perbedaanya pada jenis behel gigi damon tidak menggunakan karet elastis tetapi menggunakan klip khusus untuk menahan posisi behel pada masing-masing bracket. Klip tersebut akan meminimalisir gesekan dan juga dapat memudahkan ketika menyikat gigi selama kamu mengikuti prosedur perawatan ortodontik ini.

Rasa sakit yang ditimbulkan juga diklaim terasa lebih ringan dibanding dengan jenis behel gigi yang konvensional. Berbicara mengenai kelebihan yang lainnya dari jenis behel gigi self-ligating yaitu kelebihannya pada bracket-nya yang tersedia dalam pilihan keramik atau juga transparan sehingga jenis behel ini tidak akan terlalu mengganggu penampilan. 

5 jenis behel gigi depok – Itulah beberapa jenis-jenis behel gigi yang dapat menjadi pilihan untuk kamu yang akan melakukan pemasangan behel gigi. Dari jenis-jenis tersebut juga diketahui apa kelebihan serta kekurangan yang dimiliki oleh masing-masing jenis behel gigi yang ada. Lakukanlah konsultasi terlebih dahulu dengan dokter gigi sebelum melakukan pemasangan behel gigi. Konsultasi yang dilakukan dengan dokter gigi akan memberikan saran serta arahan kepada kamu mengenai kondisi pada gigi kamu.

dengan demikian kamu akan tahu jenis behel gigi apa yang baik untuk kamu gunakan, untuk menangani kondisi gigi kamu yang tidak pada posisi idealnya. Dokter gigi juga akan melakukan pemeriksaan kepada kondisi gigi kamu sehingga nantinya akan dilakukan pengecekan dari hasil pemeriksaan tersebut untuk diarahkan melakukan perawatan behel gigi yang tepat. Jangan sampai melakukan pemasangan behel gigi pada jasa yang tidak diketahui jelas keprofesionalnya bahkan jika tidak paham dibidang gigi tersebut maka berhati-hatilah.

 

Global Estetik Cabang Depok di

Gedung ITC Depok Lantai Mezanine No.1 ( *Persis di Sebelah Samsat ITC Depok Di Dalam Gedung ITC nya yaa..* )

Telpon Klinik: 021 2931 8795 

https://wa.me/6285775569694

Buka senin s/d minggu jam 09.00 – 20.00

Rute Gmaps : https://www.google.co.id/maps/dir/-6.3910531,106.8296376/global+estetik+itc+depok/@-6.3926825,106.8217773,16z/data=!3m1!4b1!4m9!4m8!1m1!4e1!1m5!1m1!1s0x2e69ebe1acdf3707:0x44a5e05c694dad46!2m2!1d106.8226318!2d-6.3926372 

Untuk Cek Daftar Harga,Harga Promo dan Reservasi Cabang yg di pilih, Silahkan Klik Link di bawah ini, tks

https://linktr.ee/globalestetik

Kotak Depok – https://globalestetik.com/kota-depok/

 

Penulis oleh Drg. Arnof