5 Gaya Hidup Kekinian yang Ternyata Membawa Dampak Negatif pada Kesehatan Gigi – Part 3

dokter gigi bandung

5 Gaya Hidup Kekinian yang Ternyata Membawa Dampak Negatif pada Kesehatan Gigi – Part 3

Global Estetik – Efek erosi sayangnya tidak dapat dibalikkan dan ketika penyakit gusi telah berkembang secara signifikan, kita mungkin perlu mempertimbangkan pilihan restoratif seperti tambalan dan mahkota untuk melindungi gigi. Untuk mengurangi efek erosi dini, kita harus mempertimbangkan perubahan dalam kebiasaan diet. Membatasi asupan makanan asam akan membantu mengurangi efek erosi.

Ini tentu saja tidak berarti berhenti mengonsumsi buah-buahan sehat, tetapi mengubah frekuensi asupan asam. Kita juga dapat mengubah pola makan kita dari buah-buahan asam seperti jeruk, apel, nanas dan kiwi menjadi buah-buahan non-asam seperti pir dan pisang.

Penggunaan sedotan juga membantu mengurangi efek erosi secara signifikan karena cairan memintas gigi pada saat masuk ke mulut sehingga mengurangi efeknya terhadap gigi. Minum air secara teratur setelah asupan asam dapat membantu menetralkan pH mulut sehingga juga mengurangi efek erosi.

klinik gigi depokKita juga harus mempertimbangkan kapan menyikat gigi setelah makan, seperti menyikat gigi segera setelah makan atau minum sesuatu yang asam menggandakan efek erosi dengan mendorong asam langsung ke gigi, maka menyikat gigi di pagi hari harus dipertimbangkan sebelum sarapan jika sarapan mengandung elemen asam seperti jus jeruk.

Perawatan untuk Pasien yang Menggertakkan Gigi

Karena fakta bahwa penggertakkan gigi biasanya dilakukan secara tidak sadar dan bahwa ada banyak faktor yang menyebabkannya, masalah ini adalah kondisi yang sangat sulit untuk diobati. Perawatan biasanya terbatas pada pendekatan minimalis seperti:

  1. Kesadaran akan kondisi tersebut
  2. Latihan fisioterapi
  3. Pengurangan faktor lokal yang berkontribusi terhadap penggilingan seperti tambalan tinggi
  4. Konstruksi pelindung gigitan atau perisai yang juga dapat bertindak sebagai de-programmer untuk mengurangi efek penggertakkan giig
  5. Kadang-kadang rujukan ke ahli fisioterapi mungkin diperlukan.
Mengurangi Efek Abrasi

Efek abrasi dapat dikurangi dengan mengubah kekerasan sikat gigi yang Anda gunakan menjadi sikat gigi lunak atau sedang. Semakin halus bulunya, semakin kasar abrasifnya. Ada garis tipis antara menyikat gigi dan menyikat gigi yang tidak efektif dan ini perlu ditunjukkan kepada Anda oleh dokter gigi atau ahli kesehatan gigi Anda. Cara menyikat gigi juga perlu diubah dari gerakan menggosok menjadi gerakan yang lebih lembut atau menyapu. Jika Anda menggunakan pasta gigi abrasif (beberapa pasta gigi pemutih sangat abrasif) maka pertimbangkan untuk mengubahnya menjadi yang lebih ringan dan tidak terlalu merusak.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat