Global Estetik – Mungkin anda pernah merasakan sensasi aneh di lidah. Ini menggelitik atau lebih tepatnya sensasi seperti geli, memberi anda semacam sensasi pin-dan-jarum di mulut anda. Pada saat yang sama, mungkin juga terasa sedikit mati rasa. Namun haruskah kita khawatir?

Kemungkinan besar tidak. sensasi lidah tingling sering tidak perlu dikhawatirkan dan mungkin akan segera hilang dengan sendirinya. Sensasi ini dapat tiba-tiba muncul dari berbagai penyebab. Berikut beberapa diantaranya.

7. Sindroma Mulut Terbakar

Sensasi Geli di Lidah- Global Estetik Dental Care

Sensasi Geli di Lidah- Global Estetik Dental Care

Sindroma mulut terbakar menyebabkan rasa konstan terbakar atau tidak nyaman di lidah, bibir, dan mulut. Gejalanya bervariasi dari orang ke orang, dan juga bisa meliputi:

  • perubahan dalam mencicipi rasa
  • mulut kering
  • rasa metalik di mulut

Kadang-kadang sindroma mulut terbakar bisa menjadi pertanda masalah kesehatan, seperti kekurangan vitamin B-12, infeksi jamur, atau diabetes. Tapi seringkali tidak diketahui penyebabnya. Periset percaya hal itu mungkin terkait dengan masalah dengan saraf yang mengendalikan daerah tersebut. Sindroma mulut terbakar mempengaruhi sekitar 2 dari 100 orang dan kebanyakan menyerang wanita yang mengalami menopause.

Baca Juga :  Malas Flossing? Siap-siap 8 Masalah Kesehatan Ini Akan Mengintai Anda

Sindrom ini tidak menyembuhkan, namun gejalanya bisa terbantu dengan menghindari alkohol, tembakau, dan makanan pedas. Anestesi lokal sampai mati rasa lidah juga bisa membantu, begitu pula obat yang membantu rasa sakit kronis.

8. Hipoparatiroidisme

Hipoparatiroidisme jarang terjadi. Ini terjadi ketika kelenjar paratiroid anda berhenti memproduksi hormon paratiroid yang cukup. Ada empat kelenjar paratiroid yang berada di belakang kelenjar tiroid di leher. Kelenjar paratiroid mengontrol jumlah kalsium dalam darah. Bila tingkat kalsium anda turun terlalu rendah, anda mungkin memiliki:

  • kram otot
  • kelemahan
  • kejang
  • pusing
  • kesemutan di tangan, kaki, dan wajah

Pada beberapa orang, alasannya tidak diketahui. Bagi kebanyakan orang, satu atau lebih kelenjar paratiroid berhenti bekerja karena kelenjar tiroid telah rusak dalam beberapa cara, biasanya dengan operasi untuk mengeluarkannya atau operasi leher lainnya. Tidak peduli apa penyebabnya, pengobatannya sama: suplementasi seumur hidup dengan kalsium dan vitamin D.

Baca Juga :  Oil Pulling: Membilah Fakta dan Mitos - Part 2

9. Multiple sclerosis

Multiple sclerosis (MS) adalah penyakit kronis yang mempengaruhi sistem saraf pusat. Peradangan menyebabkan pesan antara otak dan tubuh terganggu, menyebabkan berbagai gejala. Ini termasuk:

  • kelemahan
  • kelelahan
  • kesulitan berjalan
  • masalah penglihatan

Gejala umum MS lainnya adalah kesemutan dan mati rasa di wajah dan mulut, tubuh, lengan, atau tungkai. MS jarang terjadi, mempengaruhi sekitar 2% dari populasi penduduk dunia. Anda lebih mungkin mengembangkan MS jika anda seorang wanita berusia antara 20 dan 40 tahun, namun pria juga bisa menjadi maslah, seperti juga orang yang lebih muda dan lebih tua. MS disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh yang menyerang saraf dan penutup pelindungnya yang dikenal dengan myelin. Saat ini, tidak ada obat yang diketahui dapat menyembuhkan masalah ini, namun berbagai obat dapat membantu mengendalikan banyak gejala dari penyakit ini.