[3] Tenggorokan Saya Terasa Sakit di Satu Sisi

[3] Tenggorokan Saya Terasa Sakit di Satu Sisi

Global Estetik – Banyak hal yang bisa menyebabkan sakit tenggorokan di satu sisi, bahkan jika anda tidak memiliki amandel. Anda mungkin hanya mengalami sakit tenggorokan, atau anda mungkin memiliki gejala tambahan, seperti sakit telinga. Teruslah membaca untuk mempelajari lebih banyak apa yang mungkin menyebabkan sakit tenggorokan anda merasa sakit hanya di satu sisi.

Pembengkakan Kelenjar Getah Bening
Tenggorokan Sakit di Satu Sisi- Global Estetik Dental Care
Tenggorokan Sakit di Satu Sisi- Global Estetik Dental Care

Kelenjar getah bening membantu tubuh anda melawan infeksi. Saat membengkak, biasanya berarti ada masalah dari organ ini, seperti infeksi virus atau bakteri. Anda mungkin memperhatikan adanya kelenjar getah bening bengkak di leher anda, di bawah dagu, ketiak, atau di pangkal paha.

Ada banyak kelenjar getah bening di daerah kepala dan leher. Saat mereka bengkak, mereka mungkin terasa lembut saat anda memberi tekanan pada mereka. Kelenjar getah bening biasanya membengkak di daerah dekat infeksi. Jika anda menderita radang tenggorokan, misalnya kelenjar getah bening di leher anda mungkin membengkak. Terkadang hanya satu kelenjar getah bening yang akan membengkak, menyebabkan sakit tenggorokan di satu sisi.

Dalam kasus yang jarang terjadi, kelenjar getah bening bengkak mungkin merupakan pertanda adanya masalah yang lebih parah, seperti kanker atau HIV. Bicaralah dengan dokter anda jika anda memiliki gejala berikut dengan kelenjar getah bening bengkak:

  • Benjolan yang membengkak lebih dari dua minggu
  • Penurunan berat badan
  • Berkeringat di malam hari
  • Demam untuk waktu yang panjang
  • Kelelahan
  • Benjolan yang keras, menempel pada kulit, atau tumbuh dengan cepat
  • Nodus yang membengkak mendekati tulang selangka atau bagian bawah leher
  • Kulit merah atau meradang di atas nodus yang bengkak
  • Sulit bernafas
Abses atau Infeksi pada Gigi

Abses gigi (periapikal) adalah kumpulan nanah yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Kantong nanah ini tumbuh di ujung akar gigi. Hal ini dapat menyebabkan rasa sakit yang parah yang memancar ke tulang rahang dan telinga anda di satu sisi wajah. Kelenjar getah bening di sekitar leher dan tenggorokan anda mungkin juga akan membengkak. Tanda lain bahwa gigi anda terinfeksi meliputi:

  • Kepekaan terhadap suhu panas dan dingin
  • Rasa sakit saat mengunyah
  • Demam
  • Bengkak di wajah atau pipi
Tenggorokan Sakit di Satu Sisi- Global Estetik Dental Care
Tenggorokan Sakit di Satu Sisi- Global Estetik Dental Care

Kelenjar getah bening yang bermasalah dan bengkak di bawah rahang atau di leher anda. Infeksi biasa terjadi pada gigi bungsu yang terkena maslaah, yaitu empat geraham di belakang mulut yang tidak memiliki cukup ruang untuk berkembang secara normal. Bahkan saat gigi ini keluar dari gusi, mereka sulit dibersihkan, membuat mereka rentan terhadap infeksi. Gigi geraham bungsu yang terinfeksi bisa menyebabkan sakit rahang dan bengkak, sehingga menimbulkan kesulitan membuka mulut.

Jika gigi geraham bungsu anda menyebabkan masalah, dokter gigi anda kemungkinan akan merekomendasikan untuk melepaskannya. Jika anda mengalami abses gigi, dokter gigi pilhan anda mungkin akan membuat sayatan untuk mengalirkan nanah. Anda mungkin juga membutuhkan antibiotik.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat