[3] Semua yang Kamu Perlu Tahu tentang Xylitol

Alternatif untuk Permen

[3] Semua yang Kamu Perlu Tahu tentang Xylitol

Global Estetik – Banyak dokter gigi merekomendasikan penggunaan permen karet manis xylitol … untuk alasan yang baik. Hal ini karena banyak penelitian menunjukkan bahwa xylitol memiliki manfaat kuat untuk kesehatan gigi dan pencegahan kerusakan gigi. Salah satu faktor risiko utama kerusakan gigi adalah jenis bakteri mulut yang disebut Streptococcus mutans. Ini adalah bakteri yang kebanyakan bertanggung jawab atas plak.

Xylitol- Global Estetik Dental Care
Xylitol- Global Estetik Dental Care

Meski memiliki beberapa plak pada gigi adalah normal, bila keluar dari  sistem kekebalan tubuh mulai menyerang bakteri di dalamnya. Hal ini dapat menyebabkan penyakit gusi inflamasi seperti gingivitis. Nah … bakteri mulut ini memberi makan glukosa dari makanan, tapi mereka tidak bisa menggunakan xylitol. Mengganti gula dengan xylitol berarti mengurangi bahan bakar yang tersedia untuk bakteri berbahaya yang hidup di mulut kita.

Tapi efek xylitol melampaui itu … meski bakteri jahat tidak bisa menggunakan xylitol untuk bahan bakar, mereka tetap menelannya. Bila bakteri penuh dengan xylitol, mereka tidak dapat mengonsumsi glukosa, jadi pada dasarnya jalur penghasil energi mereka “tersumbat” dan akhirnya menjadi sekarat. Dengan kata lain, saat anda mengunyah permen karet dengan xylitol (atau menggunakannya sebagai pemanis), metabolisme gula pada bakteri terhambat dan mereka benar-benar mati kelaparan.

Dalam sebuah penelitian, penggunaan permen karet xylitol-sweetened mengurangi tingkat bakteri jahat sebesar 27-75%, sementara tidak berpengaruh pada bakteri baik. Xylitol juga memiliki manfaat gigi lainnya:

  1. Meningkatkan penyerapan kalsium dalam sistem pencernaan, yang baik untuk gigi anda dan juga dapat melindungi terhadap osteoporosis .
  2. Meningkatkan produksi air liur. Air liur mengandung kalsium dan fosfat, yang dijemput oleh gigi dan membantu remineralisasi.
  3. Mengurangi keasaman air liur, yang membantu melawan degradasi asam enamel gigi.

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa xylitol, baik dengan mengganti gula atau menambahkannya di atas makanan, dapat mengurangi rongga dan kerusakan gigi hingga 30-85%. Karena peradangan adalah akar dari banyak penyakit kronis, masuk akal bahwa mengurangi peradangan plak dan peradangan juga bisa bermanfaat bagi bagian tubuh anda yang lain.

Efek Samping dan Dosis

Xylitol umumnya dapat ditoleransi dengan baik, namun beberapa orang mungkin akan mendapatkan efek samping pencernaan saat mereka mengkonsumsi terlalu banyak. Alkohol gula dapat menarik air ke dalam usus atau difermentasi oleh bakteri usus. Hal ini dapat menyebabkan kembung dan diare.

Xylitol- Global Estetik Dental Care
Xylitol- Global Estetik Dental Care

Namun, tubuh nampaknya sangat berespons terhadap xylitol. Jika anda meningkatkan asupan anda perlahan dan memberi waktu pada tubuh anda untuk menyesuaikan diri, kemungkinannya anda tidak akan mengalami efek negatif. Jika anda tidak yakin bahwa anda bisa mentoleransi alkohol gula, maka pertimbangkan untuk menjaga jarak anda dekat toilet saat pertama kali anda makan dalam jumlah yang banyak.

Dengan kata lain, konsumsi xylitol jangka panjang tampaknya benar-benar aman. Dalam sebuah penelitian, subjek mengkonsumsi rata-rata 3,3 lbs (1,5 kg) xylitol per bulan, dengan asupan harian maksimal 400 gram tanpa efek negatif .

Tags:

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat