[3] Penyebab Munculnya Sensasi Asin di Mulut

[3] Penyebab Munculnya Sensasi Asin di Mulut

Global Estetik – Apakah anda mendapati sensasi rasa asin di mulut anda saat anda bangun untuk hari ini? atau bahkan saat anda belum makan sesuatu yang asin? anda mungkin bertanya-tanya apa yang terjadi. Sensasi aneh ini sebenarnya cukup umum. Meski biasanya tidak menimbulkan kekhawatiran, anda tetap harus menemui dokter jika mengalami gejala lain. Inilah yang harus diperhatikan.

7. Acid Reflux

Rasa asam atau asin di mulut mungkin merupakan tanda munculnya refluks asam atau empedu. Kondisi ini bisa terjadi bersamaan atau terpisah. Meski gejalanya serupa, acid reflux disebabkan oleh asam lambung yang mengalir ke kerongkongan, dan refluks empedu disebabkan oleh cairan empedu dari usus halus yang mengalir ke perut dan kerongkongan. Anda mungkin juga mengalami:

  • Nyeri parah di perut bagian atas
  • Sering mulas
  • Mual
  • Muntah
  • Batuk atau suara serak
  • Penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan
Sensasi Asin di Mulut- Global Estetik Dental Care
Sensasi Asin di Mulut- Global Estetik Dental Care

Jika tidak diobati, refluks dapat menyebabkan penyakit refluks gastroesofagus (GERD), kondisi prakanker yang disebut Barrett’s esophagus, atau kanker kerongkongan. Perubahan gaya hidup dan diet, obat-obatan, dan bahkan operasi dapat membantu mengobati masalah ini.

8. Sindrom Sjögren 

Sindrom Sjögren terjadi saat sistem kekebalan tubuh menyerang semua kelenjar pengatur kelembaban di tubuh anda, termasuk kelenjar ludah dan saluran air mata. Hal ini bisa menghasilkan rasa asin atau mulut kering dan mata kering. Anda mungkin juga mengalami:

  1. nyeri sendi
  2. ruam kulit
  3. kekeringan vagina
  4. batuk kering
  5. kelelahan

Kondisi ini dapat menyertai gangguan autoimun lainnya, seperti lupus atau rheumatoid arthritis. Banyak yang mampu mengelola gejala lisan mereka dengan menggunakan pengobatan OTC, seperti dengan penggunaan mouthwash, atau dengan minum lebih banyak air. Beberapa yang lain mungkin menggunakan obat resep atau menjalani operasi.

9. Penyebab Lainnya

Penyebab neurologis: Cairan cerebrospinal (CF) bocor bisa terjadi bila ada air mata atau lubang di selaput yang mengelilingi otak. Lubang tersebut memungkinkan cairan yang mengelilingi otak untuk melepaskan diri, menetes ke hidung dan mulut. Temui dokter pilihan anda jika anda mengalami kebocoran serta mual, muntah, kaku leher, atau perubahan kognitif.

Sensasi Asin di Mulut- Global Estetik Dental Care
Sensasi Asin di Mulut- Global Estetik Dental Care

Perubahan hormonal: Gusi mungkin berdarah atau menjadi lebih sensitif selama kehamilan. Akibatnya, rasa logam biasa terjadi, namun perubahannya bersifat individual bagi setiap wanita. Menopause adalah waktu lain ketika wanita mungkin mengalami perubahan rasa.

Efek samping obat: Ada lebih dari 400 obat yang dapat menyebabkan munculya sensasi rasa asin di mulut. Obat juga bisa menyebabkan mulut kering dan berbagai efek samping lainnya. Jika anda menduga obat ada di balik perubahan selera, bicarakan dengan dokter pilihan anda.

Efek samping kemoterapi: Pasien yang menjalani kemoterapi untuk pengobatan kanker sering melaporkan perubahan rasa karena kerusakan pada kuncup rasa dan kelenjar ludah. Mulut kering juga umum terjadi, terutama pada mereka yang diobati dengan radiasi untuk kanker kepala dan leher.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat