Global Estetik –¬†Mengapa kita perlu mengganti gigi yang hilang? Wajah manusia dirancang dengan gigi dalam skemanya. Gigi membantu menjaga struktur tulang tetap sehat di wajah dan rahang. Struktur tulang yang kuat membantu anda untuk dapat menjaga gigi alami anda dan mempertahankan bentuk wajah yang membantu mempertahankan penampilan yang lebih awet muda. Struktur tulang yang sehat juga memungkinkan anda mengunyah sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan dan makanan sehat lainnya. Lalu apa yang bisa kita lakukan untuk menanggulangi masalah ketika gigi sudah terlanjur hilang ? simak beberapa pilihan prosedur dibawah ini.

Mengganti Gigi yang Hilang- Global Estetik Dental Care

Mengganti Gigi yang Hilang- Global Estetik Dental Care

Jembatan Gigi

Pilihan lain untuk penggantian gigi adalah jembatan yang terdiri dari gigi palsu atau gigi yang mengisi ruang di mana satu gigi atau lebih telah hilang, dan berlabuh di tempat di kedua sisi oleh mahkota (juga dikenal sebagai “tutup”) yang ditempatkan pada gigi yang sudah ada yang “siap” menerima mahkota.

Baca Juga :  Baby Bottle Decay Dan Solusinya

Kelebihan dari Fixed Bridges:

Daya tahan: Dengan perawatan dan penjagaan yang tepat, jembatan gigi tetap bisa bertahan lama, seringkali lebih lama dari gigi palsu yang bisa dilepas.

Rasa & Kesan: jembatan sering memiliki tampilan dan nuansa yang lebih alami daripada gigi palsu. Pilihan ini juga biasanya kurang terlalu banyak perlu disesuaikan.

Keterjangkauan: Jembatan Gigi biasanya memiliki harga yang lebih murah daripada implan gigi. Namun, biaya pemeliharaan dan perbaikan jembatan bisa terakumulasi dari waktu ke waktu.

Potensi Kekurangan Jembatan Gigi:

Mengganti Gigi yang Hilang- Global Estetik Dental Care

Mengganti Gigi yang Hilang- Global Estetik Dental Care

Pemeliharaan: Bridges membutuhkan perawatan dan penjagaan ekstra, termasuk pembersihan di bawah pontic. Paseien yang menggunakan pilihan ini tetap masih perlu mengunjungi dokter gigi untuk mendapatkan pemeriksaan reguler untuk memastikan struktur jembatan tetap utuh, dan juga untuk mengawasi gigi penahan.

Baca Juga :  Aplikasi Game Kesehatan Gigi Karya Mahasiswa Kedokteran Gigi

Daya Tahan: Meski lebih tahan lama daripada gigi palsu yang bisa dilepas, jembatan tetap harus ditangani dengan hati-hati. Penting untuk menghindari mengunyah makanan yang sangat keras, lengket atau renyah dimana jembatan berada. Memperbaiki atau mengganti jembatan bisa menjadi mahal seiring berjalannya waktu.

Dampak pada gigi di samping jembatan: Mempersiapkan gigi berarti dibutuhkan untuk mengikisnya, yang berdampak pada keseluruhan struktur dan kesehatan gigi. Hal ini juga bisa menyebabkan rasa sakit dan ketidaknyamanan. Ini juga berarti mungkin ada kemungkinan lebih besar bahwa masalah mungkin timbul dengan gigi yang dipersiapkan di masa depan.