Global Estetik – Mungkin anda pernah merasakan sensasi aneh di lidah. Ini menggelitik atau lebih tepatnya sensasi seperti geli, memberi anda semacam sensasi pin-dan-jarum di mulut anda. Pada saat yang sama, mungkin juga terasa sedikit mati rasa. Namun haruskah kita khawatir?

Kemungkinan besar tidak. sensasi lidah tingling sering tidak perlu dikhawatirkan dan mungkin akan segera hilang dengan sendirinya. Sensasi ini dapat tiba-tiba muncul dari berbagai penyebab. Berikut beberapa diantaranya.

2. Sariawan

Sensasi Geli di Lidah- Global Estetik Dental Care

Sensasi Geli di Lidah- Global Estetik Dental Care

Sariawan berbentuk oval, dangkal dan kecil yang bisa terbentuk pada atau sekitar lidah, di dalam pipi, atau pada gusi anda. Meskipun tidak jelas apa yang menyebabkan sariawan, hal-hal seperti luka ringan di mulut anda, perubahan hormonal, virus, nutrisi, alergi, atau sensitivitas makanan yang tidak memadai tampaknya berperan menjadi penyebab timbulnya masalah ini. Mereka menyakitkan, tapi biasanya akan pergi sendiri sekitar seminggu kemudia.

Baca Juga :  Huh ? Apa itu Behel Instan?

Ketika anda menderita masalah ini, hindari makanan pedas, asam, atau renyah – mereka akan mengiritasi rasa sakit. Untuk menghilangkan rasa sakit, cobalah membilas mulut anda dengan larutan air hangat, 1 sendok teh garam, dan 1/2 sendok teh baking soda. Anda juga bisa mencoba menerapkan obat over-the-counter seperti benzocaine (Anbesol) atau Kanka.

3. Kekurangan Vitamin B

Memiliki kadar vitamin B-12 yang rendah atau vitamin B-9 (folat) bisa membuat lidah anda sakit dan bengkak dan mempengaruhi kemampuan mencicipi rasa. Anda mungkin juga memiliki sensasi tingling di lidah dan di tangan serta kaki . Pada saat yang sama, anda mungkin merasa sangat lelah sepanjang waktu, karena kedua vitamin B ini dibutuhkan untuk membuat sel darah merah dan menjaga kesehatan saraf. Tingkat yang rendah dari vitamin ini bisa menyebabkan anemia.

Sensasi Geli di Lidah- Global Estetik Dental Care

Sensasi Geli di Lidah- Global Estetik Dental Care

Kekurangan vitamin B-12 atau folat disebabkan oleh tidak cukupnya vitamin ini dalam makanan anda atau ketidakmampuan untuk menyerap vitamin ini dari makanan yang telah dikonsumsi. Perut menjadi kurang asam saat manusia bertambah tua, jadi usia bisa menjadi faktor. Beberapa obat dapat membuat anda tidak menyerap vitamin B. Ini termasuk:

  • Metformin
  • Esomeprazole
  • Lansoprazole
  • Famotidine
  • Ranitidine
Baca Juga :  Tahap Demi Taham Proses Skrining Kanker Mulut

Sumber B-12 yang baik termasuk ikan, daging, telur, dan susu. Penganut vegan diet bisa menjadi kekurangan vitamin B jika mereka tidak mengonsumsi makanan yang diperkaya seperti susu kedelai atau kacang, sereal, roti, atau biji-bijian, atau menggunakan ragi nutrisi atau mengonsumsi suplemen. Sumber vitamin B-9 yang baik ditemukan di sayuran berdaun, sebagian besar sayuran hijau, kacang-kacangan, kacang tanah, dan jus tomat dan jeruk.

Jika tidak diobati, defisiensi vitamin B-12 atau folat bisa menjadi serius dan bisa menyebabkan kerusakan permanen pada saraf. Penting untuk diobati sesegera mungkin. Tes darah sederhana akan dapat mengetahui jika kadar vitamin ini terlalu rendah. Pengobatan biasanya terdiri dari suplemen dosis tinggi, namun dalam beberapa kasus, anda mungkin memerlukan suntikan vitamin mingguan sebagai gantinya.