[3] Bernafas dengan Mulut, Emang Salah Gitu ? – Pencegahan dan Treatment

Global Estetik – Mengobati kebiasaan bernafas dengan mulut pada anak sedari dini bisa mengurangi atau mencegah efek negatif pada perkembangan wajah dan gigi. Anak-anak yang menjalani operasi atau intervensi lain untuk mengurangi pernafasan mulut menunjukkan peningkatan tingkat energi, perilaku, prestasi akademik, dan pertumbuhan.

Kebiasaan bernafas dengan mulut yang tidak diobati dapat menyebabkan kerusakan gigi dan penyakit gusi. Kurangnya tidur akibat pernapasan mulut juga bisa mengurangi kualitas hidup seseorang dan memperburuk stres.

Pencegahan

Pernafasan mulut kronis yang disebabkan oleh bentuk wajah atau hidung  tidak selalu bisa dicegah. Jika anda menemukan bahwa hidung anda sering sesak karena alergi atau infeksi pernafasan, ada tindakan yang dapat anda lakukan untuk mencegah kebiasaan bernafas mulut. Ada baiknya untuk mengatasi hidung tersumbat dengan segera. Tip untuk mencegah kebiasan bernafas dengan mulut meliputi:

  • Menggunakan saline mist selama penerbangan yang panjang
  • Menggunakan saline nasal mist dan dekongestan hidung atau obat pereda alergi pada tanda pertama gejala alergi atau demam.
  • Tidur telentang dengan kepala diangkat ke atas untuk membuka saluran napas dan meningkatkan pernapasan melalui hidung
  • Menjaga kebersihan rumah dan bebas dari alergen
  • Memasang saringan udara dalam sistem panas dan pendingin udara (HVAC) untuk mencegah penyebaran alergen di rumah.
  • Secara sadar berlatih bernapas melalui hidung di siang hari untuk membantu memaksa diri dalam kebiasaan bernapas dengan hidung
Baca Juga :  Kebiasaan Buruk Yang Harus Dihindari
Bernafas dengan Mulut- Global Estetik Dental Care
Bernafas dengan Mulut- Global Estetik Dental Care

Jika anda mengalami stres atau kecemasan, mungkin anda bisa terlibat dalam latihan yoga atau meditasi. Yoga bermanfaat bagi orang yang bernafas melalui mulut mereka sebagai akibat stres karena berfokus pada pernapasan dalam melalui hidung. Yoga restoratif dirancang untuk mengaktifkan sistem saraf parasimpatis dan mendorong pernapasan yang lebih dalam melalui hidung.

Treatment

Pengobatan untuk kebiasaan bernafas dengan mulut tergantung pada penyebabnya. Obat bisa mengobati hidung tersumbat akibat pilek dan alergi. Obat-obatan ini meliputi:

  • dekongestan hidung
  • antihistamin
  • resep atau semprotan nasal
Baca Juga :  Kelebihan dan Keuntungan dari Perawatan Implan Gigi

Strip perekat yang diaplikasikan ke jembatan hidung juga bisa membantu pernapasan. Strip perekat kaku yang disebut dilator hidung yang dipasang di lubang hidung membantu mengurangi hambatan aliran udara dan membantu bernapas dengan lebih mudah melalui hidung.

Jika anda memiliki apnea tidur obstruktif, dokter kemungkinan akan merekomenddasikan alat masker wajah di malam hari yang disebut terapi tekanan udara positif kontinu (CPAP). CPAP mengirimkan udara ke hidung dan mulut melalui masker. Tekanan udara membuat saluran udara tidak terganggu dan tersumbat.

Pada anak-anak, operasi pengangkatan tonsil bengkak dan kelenjar gondok dapat mengobati pernafasan mulut. Dokter gigi pilihan anda mungkin juga menyarankan agar sang anak memakai alat yang dirancang untuk memperluas langit-langit mulut dan membantu membuka sinus dan saluran hidung. Kawat gigi dan perawatan ortodontik lainnya mungkin juga membantu mengobati penyebab pernafasan mulut.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat