Global Estetik – Gingivostomatitis biasanya akan hilang dalam dua sampai tiga minggu tanpa pengobatan. Dokter pilihan anda mungkin meresepkan antibiotik dan membersihkan daerah yang terinfeksi untuk meningkatkan waktu penyembuhan jika bakteri atau virus adalah penyebab gingivostomatitis. Ada beberapa tindakan yang bisa anda lakukan untuk meringankan ketidaknyamanan akibat gingivostomatitis.

  1. Gingivostomatitis- Global Estetik Dental Care

    Gingivostomatitis- Global Estetik Dental Care

    Konsumsi obat yang diresepkan oleh dokter.

  2. Bilas mulut dengan obat kumur obat yang mengandung hidrogen peroksida atau xylocaine. Ini tersedia di apotek setempat. Anda juga bisa membuat sendiri dengan mencampur 1/2 sendok teh garam dalam 1 gelas air.
  3. Makanlah makanan yang sehat. Hindari makanan yang sangat pedas, asin, atau asam. Makanan ini bisa menyengat atau mengiritasi luka. Makanan yang lembut mungkin juga bisa menjadi pilihan selama masa penyembuhan.

Obat penghilang rasa sakit yang banyak dijual juga dapat membantu. Jangan lupa untuk terus sikat gigi dan gusi bahkan jika terasa sakit. Jika anda tidak terus mempraktikkan perawatan mulut yang baik, gejala yang anda derita bisa kemudian menjadi memburuk. Anda juga akan cenderung dapat mengalami gingivostomatitis lagi. Dengan lembut menyikat gigi dengan sikat gigi yang lembut akan membuat sensasi menyikat gigi akan kurang menyakitkan.

Pencegahan

Gingivostomatitis- Global Estetik Dental Care

Gingivostomatitis- Global Estetik Dental Care

Merawat gigi dan gusi dapat mengurangi risiko terkena gingivostomatitis. Gusi yang sehat akan berwarna merah muda tanpa luka atau lesi. Dasar-dasar kebersihan mulut yang baik meliputi:

  1. Menyikat gigi minimal dua kali sehari, terutama setelah makan dan sebelum tidur
  2. Flossing setiap hari
  3. Periksakan gigi anda secara profesional dan dibersihkan oleh dokter gigi setiap enam bulan sekali
  4. Menjaga segala macam benda yang bersentuhan dengan mulut (gigi palsu, retainer, alat musik) tetap bersih untuk mencegah pertumbuhan bakteri
  5. Untuk menghindari virus HSV-1 yang bisa menyebabkan gingivostomatitis, hindari mencium atau menyentuh wajah seseorang yang terinfeksi. Jangan berbagi peralatan makeup, pisau cukur dengan mereka.

Sering mencuci tangan adalah cara terbaik untuk menghindari coxsackievirus. Hal ini sangat penting setelah menggunakan toilet umum atau mengganti popok bayi dan sebelum makan atau menyiapkan makanan. Penting juga untuk mendidik anak tentang pentingnya mencuci tangan dengan benar.

Gingivostomatitis umumnya akan terasa ringan, atau bisa terasa tidak menimbulkan masalah ketidaknyamanan dan menyakitkan. Umumnya, masalah ini akan sembuh dalam dua sampai tiga minggu. Mengobati bakteri atau virus dengan antibiotik atau agen antiviral yang tepat dapat membantu mempercepat penyembuhan. Perawatan di rumah juga bisa membantu mempercepat penyembuhan dari gingivostomatitis.

Baca Juga :  Beberapa Alasan Mengapa Gigi Palsu Harus Dilepas Sebelum Tidur - Part 2