[2] Waaa Lidah Saya Terbakar !! – Gejala dan Komplikasi

dokter gigi jakarta

Global Estetik – Luka bakar lidah akan terlihat dan terasa berbeda, tergantung dari tingkat dampaknya :

  1. Luka bakar tingkat pertama melibatkan lapisan terluar lidah. Anda akan mengalami rasa sakit, dan lidah anda bisa menjadi merah dan bengkak.
  2. Luka bakar tingkat dua lebih menyakitkan karena lapisan terluar dan lapisan bawah lidah terluka. Lepuhan bisa terbentuk, dan lidah akan tampak merah dan bengkak.
  3. Luka bakar tingkat tiga mempengaruhi jaringan lidah yang terdalam. Efeknya putih atau menghitam, kulit terbakar. Anda mungkin juga mengalami mati rasa atau sakit yang parah.
Gejala dan Komplikasi lidah terbakar- Global Estetik Dental Care
Gejala dan Komplikasi lidah terbakar- Global Estetik Dental Care

Bila lidah menjadi merah atau bengkak, benjolan pada lidah yang disebut papila bisa hilang. Hal ini bisa memberi lidah penampilan yang mulus, bukan bergelombang. Antara benjolan ini adalah kuncup rasa. Luka bakar juga dapat mengurangi rasa selera anda. Tapi ini paling sering merupakan efek samping sementara kecuali pada pasien dengan luka bakar yang parah. Selain merasakan sensasi terbakar di lidah, gejala sindrom lidah terbakar meliputi:

  1. Lidah yang terasa normal di pagi hari tapi memburuk sepanjang hari
  2. Pengulangan gejala pembakaran setiap hari
  3. Rasa metalik atau pahit yang menyertai sensasi terbakar
  4. Perasaan memiliki mulut kering meski produksi air liur normal
Komplikasi

Jika tidak diidentifikasi dan dirawat dengan benar, luka bakar di lidah yang parah bisa menjadi terinfeksi. Anda harus selalu pergi ke dokter untuk luka bakar tingkat dua dan tiga. Luka bakar lidah juga bisa menghancurkan kuncup rasa, sehingga tidak menimbulkan sensasi dimana luka bakar terjadi. Ini biasanya merupakan komplikasi jangka pendek karena selera anda tumbuh kembali setiap dua minggu sekali.

Baca Juga :  Menjaga Implan Gigi Agar Dapat Bertahan Lama

Jika anda memiliki sindroma lidah terbakar, rasa sakit yang parah dan tidak diobati terkadang dapat menyebabkan perasaan depresi dan kecemasan.

Pencegahan
Gejala dan Komplikasi lidah terbakar- Global Estetik Dental Care
Gejala dan Komplikasi lidah terbakar- Global Estetik Dental Care

Anda bisa mencegah masalah lidah terbakar dengan mengetes suhu cairan panas dan makanan sebelum makan atau minum. Minuman atau makanan yang dipanaskan dalam microwave mungkin tidak panas secara merata, oleh karena itu sebaiknya pastikan dengan ekstra hati-hati.

Baca Juga :  8 Tips untuk Menghilangkan Bau Mulut akibat Konsumsi Bawang - Part 2

Tidak ada cara yang diketahui untuk mencegah sindroma lidah terbakar. Anda mungkin bisa mengurangi sensasi terbakar dengan mengurangi stres dan menghindari penggunaan tembakau dan beberapa jenis makanan dan minuman tertentu. Ini termasuk minuman berkarbonasi, makanan asam, dan makanan pedas.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat