[2] Tenggorokan Saya Terasa Sakit di Satu Sisi

[2] Tenggorokan Saya Terasa Sakit di Satu Sisi

Global Estetik – Banyak hal yang bisa menyebabkan sakit tenggorokan di satu sisi, bahkan jika anda tidak memiliki amandel. Anda mungkin hanya mengalami sakit tenggorokan, atau anda mungkin memiliki gejala tambahan, seperti sakit telinga. Teruslah membaca untuk mempelajari lebih banyak apa yang mungkin menyebabkan sakit tenggorokan anda merasa sakit hanya di satu sisi.

Sariawan
Tenggorokan Sakit di Satu Sisi- Global Estetik Dental Care
Tenggorokan Sakit di Satu Sisi- Global Estetik Dental Care

Luka sariawan adalah luka kecil yang terbentuk di mulut. Mereka bisa terbentuk di bagian dalam pipi anda, pada atau di bawah lidah, di dalam bibir anda, atau di bagian atas mulut anda di dekat bagian belakang tenggorokan anda. Kebanyakan sariawan kecil dan bulat dengan batas merah dan pusat putih atau kuning.

 

Meski kecil, mereka bisa sangat menyakitkan orang yang menderitanya. Bila sariawan terbentuk di pojok belakang tenggorokan, anda mungkin akan merasakan sensasi rasa sakit di tenggorokan hanya pada satu sisi.

Kebanyakan sariawan sembuh dengan sendirinya dalam waktu dua minggu. Sementara itu, anda dapat menemukan bantuan dengan pengobatan di rumah atau obat topikal OTC, seperti benzocaine (Orabase).

Abses Peritonsillar
Abses peritonsillar adalah infeksi yang menciptakan kumpulan nanah berdinding, berdekatan dengan, dan seringkali di belakang, salah satu amandel anda. Biasanya dimulai sebagai komplikasi tonsilitis bakteri dan lebih sering terjadi pada anak kecil dan kelompok umur dewasa muda.
Tenggorokan Sakit di Satu Sisi- Global Estetik Dental Care
Tenggorokan Sakit di Satu Sisi- Global Estetik Dental Care
Sementara abses peritonsillar dapat menyebabkan sakit tenggorokan umum, rasa sakit biasanya jauh lebih buruk pada sisi amandel yang terkena dapat. Gejala lain dari abses peritonsillar meliputi:
  1. Demam
  2. Kelelahan
  3. Kesulitan berbicara
  4. Nyeri telinga di sisi yang sakit
  5. Bau mulut
  6. Meneteskan air liur
  7. Suara lembut dan teredam
  8. Abses peritonsillar memerlukan perhatian medis segera.

Dokter anda kemungkinan akan menggunakan jarum atau sayatan kecil untuk mengalirkan nanah dari daerah yang terkena. Anda mungkin juga diberi terapi antibiotik setelah abses dikeringkan.

Laryngitis

Laringitis mengacu pada pembengkakan di kotak suara, juga disebut laring anda. Biasanya disebabkan oleh terlalu banyak menggunakan suara, iritasi, atau infeksi virus Anda.

Tenggorokan Sakit di Satu Sisi- Global Estetik Dental Care
Tenggorokan Sakit di Satu Sisi- Global Estetik Dental Care

Anda memiliki dua pita suara di laring anda yang biasanya terbuka dan menutup dengan lancar untuk membuat suara. Bila kabel menjadi bengkak atau teriritasi, anda mungkin merasa sakit dan memperhatikan bahwa suara anda terdengar berbeda. Jika satu tali lebih teriritasi dari yang lain, anda mungkin merasa sakit tenggorokan hanya di satu sisi. Gejala laringitis lainnya meliputi:

  1. Suara serak
  2. Kehilangan suara
  3. Sensasi berdetak di tenggorokan
  4. Sensasi kering di tenggorokan
  5. Batuk kering

Laringitis sering sembuh dengan sendirinya dalam beberapa minggu, tapi sebaiknya disarankan bagi pasien untuk beristirahat sembari hemat dalam mengeluarkan suara selama periode ini.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat