[2] Singkat Padat Jelas Tentang Kanker Mulut

dokter gigi depok

[2] Singkat Padat Jelas Tentang Kanker Mulut

Global Estetik – Jika anda memiliki tanda atau gejala kanker bibir, anda harus menemui dokter. Mereka akan melakukan pemeriksaan fisik bibir dan bagian mulut lainnya untuk mencari area abnormal dan mencoba mengidentifikasi kemungkinan penyebabnya. Dokter akan menggunakan jari untuk merasakan di dalam bibir anda dan menggunakan cermin dan lampu untuk memeriksa bagian dalam mulut. Mereka mungkin juga akan merasakan leher anda untuk kelenjar getah bening yang membengkak.

Dokter juga akan menanyakan tentang anda:

  • riwayat kesehatan
  • merokok dan sejarah alkohol
  • penyakit masa lalu
  • perawatan medis dan gigi
  • riwayat keluarga penyakit
  • obat apa pun yang anda pakai

Jika dicurigai adanya kanker bibir, biopsi bisa memastikan diagnosisnya. Selama prosedur ini, sampel kecil dari area abnormal diambil dan ditinjau di laboratorium patologi di bawah mikroskop. Jika dokter mengkonfirmasikan bahwa anda menderita kanker bibir, mereka mungkin kemudian melakukan sejumlah tes lain untuk menentukan seberapa jauh kanker telah berkembang, atau jika telah menyebar ke bagian tubuh yang lain.

Tes meliputi:

  • computed tomography (CT) scan
  • MRI scan
  • pemindaian tomografi emisi positron (PET) scan
  • sinar-X dada
  • hitung darah lengkap (CBC)
  • endoskopi (instrumen tipis yang disisipkan melalui sayatan yang memungkinkan dokter melihat ke dalam tubuh)
Treatment

Pembedahan, terapi radiasi, dan kemoterapi hanyalah beberapa perawatan yang tersedia untuk kanker bibir. Pilihan lain yang mungkin dilakukan termasuk terapi yang ditargetkan dan perawatan investigasi, seperti imunoterapi dan terapi gen. Seperti kanker lainnya, pengobatan kanker bibir bergantung pada stadium kanker, seberapa jauh perkembangannya (termasuk ukuran tumor), dan kesehatan umum pasien.

 

Jika tumornya kecil, operasi biasanya dilakukan untuk menghilangkannya. Ini melibatkan pengangkatan semua jaringan yang terlibat dengan kanker, ditambah rekonstruksi bibir (secara kosmetik dan fungsional). Jika tumor lebih besar atau pada tahap selanjutnya, radiasi dan kemoterapi dapat digunakan untuk mengecilkan tumor sebelum atau sesudah operasi untuk mengurangi risiko kekambuhan. Perawatan kemoterapi mengantarkan obat ke seluruh tubuh dan mengurangi risiko penyebaran kanker atau kembalinya.

Bagi mereka yang merokok, BERHENTI MEROKOK sebelum perawatan bisa memperbaiki hasil pengobatan.

Komplikasi

Jika tidak diobati, tumor bibir bisa menyebar ke daerah lain di mulut dan lidah serta bagian tubuh yang lain. Jika kanker menyebar, maka akan jauh lebih sulit untuk disembuhkan. Selain itu, pengobatan untuk kanker bibir dapat memiliki banyak konsekuensi fungsional dan kosmetik negatif. Orang yang menjalani operasi untuk mengangkat tumor besar di bibir mereka mungkin mengalami masalah dengan berbicara, mengunyah, dan menelan setelah operasi.

Pembedahan juga bisa menyebabkan kerusakan pada bibir dan wajah. Beberapa orang mungkin perlu bekerja dengan ahli patologi ucapan untuk memperbaiki ucapan, dan ahli bedah rekonstruktif atau kosmetik untuk membangun kembali tulang dan jaringan wajah.

Tags:

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat