[2] Produksi Air Liur Berlebih, Kok Bisa ?

[2] Produksi Air Liur Berlebih, Kok Bisa ?

Global Estetik – Rencana perawatan pasien akan bervariasi tergantung pada penyebabnya. Meskipun pengobatan di rumah mungkin bermanfaat untuk kasus sementara, hipersalivasi kronis biasanya memerlukan sesuatu yang lebih mendetail dan penanganan khususu.

Pengobatan di Rumah
Jika dokter pilihan anda menduga rongga atau infeksi merupakan akar dari gejala dari masalah yang anda derita, mereka mungkin akan mengarahkan anda ke dokter gigi. Dokter gigi pilhan anda akan dapat memberi anda informasi tentang kebersihan gigi dan mulut yang tepat.

Misalnya, menyikat gigi secara teratur dapat membantu mengurangi peradangan gusi dan iritasi mulut, yang dapat menyebabkan air liur. Menyikat gigi juga bisa memiliki efek pengeringan di mulut. Anda mungkin juga merasa perlu untuk menindaklanjuti dengan penggunaan obat kumur berbasis alkohol untuk efek tambahan.

Obat-obatan
Obat tertentu dapat membantu menurunkan produksi air liur. Glycopyrrolate (Cuvposa) adalah pilihan yang umum unyuk masalah ini. Obat ini menghambat impuls saraf ke kelenjar ludah sehingga menghasilkan air liur lebih sedikit. Namun, obat ini bisa memiliki beberapa efek samping yang parah, diantaranya:

  1. mulut kering
  2. sembelit
  3. susah buang air kecil
  4. penglihatan kabur
  5. hiperaktif
  6. iritasi

Scopolamine (Hyoscine) adalah pilihan lain. Ini adalah patch yang diletakkan di belakang telinga. Ini bekerja dengan cara memblokir impuls saraf ke kelenjar ludah. Efek sampingnya meliputi:

  • pusing
  • detak jantung cepat
  • susah buang air kecil
  • penglihatan kabur
  • kantuk

Suntikan
Dokter pilihan anda mungkin merekomendasikan injeksi botulinum toxin (Botox) jika hipersalivasi anda terus terjadi. Dokter akan menyuntikkan obat ke dalam satu atau lebih kelenjar liur utama. Toksin akan melumpuhkan saraf dan otot di daerah tersebut, mencegah kelenjar menghasilkan air liur. Efek ini akan hilang setelah beberapa bulan, jadi anda mungkin perlu kembali untuk injeksi ulang.

Operasi
Pada kasus yang parah, kondisi ini dapat diobati dengan operasi pada kelenjar liur utama. Dokter pilihan anda mungkin menyarankan agar kelenjar diangkat sepenuhnya atau dipindahkan sehingga air liur dilepaskan di bagian belakang mulut dimana mudah ditelan.

Terapi radiasi
Jika operasi bukan pilihan, dokter mungkin merekomendasikan terapi radiasi pada kelenjar liur utama. Radiasi menyebabkan mulut kering, menghilangkan hipersalivasi.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat