[2] Penanganan Proses Pertumbuhan “Two-Year Molar” pada Buah Hati Anda

[2] Penanganan Proses Pertumbuhan “Two-Year Molar” pada Buah Hati Anda

Global Estetik – Anda dapat membantu meringankan rasa sakit dan ketidaknyamanan dari tumbuhnya gigi geraham ini dengan kombinasi berbagai pengobatan di rumah. Obat juga bisa digunakan sebagai upaya terakhir, tapi jangan lupa untuk menanyakan terlebih dahulu kepada dokter pilihan anda.

Pengobatan di Rumah
Proses Pertumbuhan "Two-Year Molar" pada anak- Global Estetik Dental Care
Proses Pertumbuhan “Two-Year Molar” pada anak- Global Estetik Dental Care

Beberapa pengobatan di rumah bisa membantu meringankan rasa sakit dan ketidaknyamanan proses ini. Orang tua bisa mencoba:

  • Menempatkan kasa dingin dan basah pada gusi
  • Menggunakan jari anda untuk memijat area dengan lembut
  • Menggosok sendok dingin pada gusi (tapi jangan biarkan anak anda menggigit sendok tersebut)
  • membiarkan anak anda mengunyah kain lap basah (pastikan kain itu tidak mudah sobek; jika mulai sobek, segara ambil agar tidak tertelan)
Pilihan Makanan

Makanan keras dan renyah juga bisa membantu balita. Berbeda dengan proses pertumbuhan gigi pada bayi, balita lebih mampu mengunyah makanan dengan teliti sebelum tertelan, namun tetap harus diawasi.

Cobalah memberi anak anda wortel, apel, atau mentimun kupas, dan dorong mereka untuk mengunyah pada sisi mulut yang paling mengganggu mereka. Pastikan potongannya cukup kecil untuk mencegah tersedak. Produk yang telah didinginkan juga bisa lebih efektif dalam mengurangi rasa sakit gigi.

Pengobatan

Acetaminophen (Tylenol) tetap merupakan obat pereda nyeri yang paling direkomendasikan untuk bayi dan balita. Ibuprofen (Advil, Motrin IB) juga bisa membantu. Periksa kembali dosis yang benar dengan dokter pilihan anda. Hal ini terutama didasarkan pada berat badan balita. Dokter anda mungkin merekomendasikan ibuprofen anak-anak ketimbang asetaminofen jika mereka menderita asma.

Proses Pertumbuhan "Two-Year Molar" pada anak- Global Estetik Dental Care
Proses Pertumbuhan “Two-Year Molar” pada anak- Global Estetik Dental Care

Produk yang mengandung Benzocaine dapat diberikan pada anak yang berusia lebih dari 2 tahun, namun sebaiknya anda bertanya kepada dokter terlebih dahulu. Obat ini biasanya datang dalam semprotan atau gel, seperti Orajel. Anda mungkin menganggap ini sebagai upaya terakhir, atau menggunakan benzokain hanya untuk episode nyeri tajam yang tiba-tiba. Hal ini akan mengurangi kemungkinan anak anda menelan produk tersebut.

Orang tua sebaiknya tidak menggunakan jenis produk ini pada anak yang lebih muda. Faktanya, American Academy of Pediatrics tidak merekomendasikan pemberian benzokain pada bayi karena potensi perkembangan methemoglobinemia, dan karena belum terbukti dapat mengurangi gejala dalam proses pertumbuhan gigi. Kondisi yang mengancam jiwa ini mencegah sirkulasi oksigen yang tepat di aliran darah. Gejalanya meliputi:

  • kulit kebiruan atau pucat dan kuku
  • kesulitan bernapas
  • kebingungan
  • kelelahan
  • sakit kepala
  • denyut jantung cepat

Segera kunjungi unit gawat darurat jika buah hati anda mengalami gejala-gejala ini. Cara terbaik untuk mencegah bahaya benzokain adalah dengan menghindarinya. Jika anda harus menggunakannya, pastikan anak anda berusia minimal 2 tahun.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat