[2] Leuklopakia ? Hah ? Apa itu..

[2] Leuklopakia ? Hah ? Apa itu..

Global Estetik – Leukoplakia biasanya didiagnosis dengan pemeriksaan lisan. Selama pemeriksaan fisik, dokter gigi atau dokter perawatan primer pilihan anda bisa memastikan apakah patch yang muncul di lidah adalah leukoplakia. Anda mungkin salah mengira kondisi sariawan. Thrush adalah infeksi jamur pada mulut. Patch yang menyebabkannya biasanya lebih lembut daripada patch leukoplakia. Mereka mungkin berdarah lebih mudah.

Leuklopakia- Global Estetik Dental Care
Leuklopakia- Global Estetik Dental Care

Dokter gigi atau dokter Aanda mungkin perlu melakukan tes lain untuk memastikan penyebab bintik di lidah pasien. Ini membantu mereka menyarankan perawatan yang dapat mencegah perkembangan masa depan dari pengembangan.

Jika patch terlihat mencurigakan, dokter gigi atau dokter pilihan anda akan melakukan biopsi. Untuk melakukan biopsi, mereka mengeluarkan sepotong kecil jaringan dari satu atau beberapa tempat di lidah anda. Mereka kemudian mengirim sampel jaringan itu ke ahli patologi untuk diagnosis. Tujuannya adalah untuk mencari tanda-tanda kanker mulut.

Apa saja pilihan pengobatan untuk leukoplakia?

Kebanyakan masalah pada lidah akan membaik sendiri dan tidak memerlukan perawatan apapun. Penting untuk menghindari pemicu yang mungkin menyebabkan leukoplakia anda, seperti penggunaan tembakau. Jika terkait dengan iritasi akibat masalah gigi, dokter gigi pilihan anda mungkin bisa mengatasi masalah ini.

Leuklopakia- Global Estetik Dental Care
Leuklopakia- Global Estetik Dental Care

Jika biopsi kembali positif untuk kanker mulut, patch harus segera diangkat. Hal ini dapat membantu mencegah penyebaran kanker. Patch kecil bisa dilepas dengan biopsi yang lebih luas dengan menggunakan terapi laser atau pisau bedah. Leukoplakia patch besar memerlukan operasi mulut.

Hairy leukoplakia mungkin tidak memerlukan pengangkatan. Dokter gigi atau dokter anda mungkin meresepkan obat antiviral untuk membantu menghentikan tambalan agar tidak tumbuh. Salep topikal yang mengandung asam retinoat juga bisa digunakan untuk mengurangi ukuran patch.

Pandangan jangka panjang untuk leukoplakia

Dalam kebanyakan kasus, leukoplakia tidak mengancam nyawa. Patch tidak menyebabkan kerusakan permanen pada mulut anda. Lesi biasanya sembuh sendiri dalam beberapa minggu setelah sumber iritasi dikeluarkan. Namun, jika patch anda sangat menyakitkan atau terlihat mencurigakan, dokter gigi pilihan anda mungkin memesan tes untuk mengesampingkan kemungkinan :

  1. Kanker mulut
  2. HIV
  3. AIDS

Riwayat leukoplakia dapat meningkatkan risiko kanker mulut, jadi beritahu dokter jika anda memperhatikan bintik yang tidak teratur di mulut anda. Banyak faktor risiko untuk leukoplakia juga merupakan faktor risiko kanker mulut. Kanker mulut bisa terbentuk bersama leukoplakia.

Tags:

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat