[2] Dari Mana Munculnya Sensasi Geli di Lidah ? – Tindakan

dokter gigi depok

[2] Dari Mana Munculnya Sensasi Geli di Lidah ? – Tindakan

Global Estetik – Mungkin anda pernah merasakan sensasi aneh di lidah. Ini menggelitik atau lebih tepatnya sensasi seperti geli, memberi anda semacam sensasi pin-dan-jarum di mulut anda. Pada saat yang sama, mungkin juga terasa sedikit mati rasa. Namun haruskah kita khawatir?

Kemungkinan besar tidak. sensasi lidah tingling sering tidak perlu dikhawatirkan dan mungkin akan segera hilang dengan sendirinya.

Keadaan yang Memerlukan Tindakan Darurat
Munculnya Sensasi Geli di Lidah- Global Estetik Dental Care
Munculnya Sensasi Geli di Lidah- Global Estetik Dental Care

Terkadang sensasi mati rasa di lidah atau kesemutan bisa menjadi pertanda stroke atau transient ischemic attack (TIA). TIA juga dikenal sebagai ministrokes. Segera cari perhatian medis darurat jika anda mengalami gejala-gejala ini selain lidah anda yang kesemutan:

  • lemah atau mati rasa di lengan, kaki, atau wajah atau di satu sisi tubuh
  • wajah terkulai
  • kesulitan berbicara
  • kesulitan pemahaman atau kebingungan
  • kehilangan kemampuan penglihatan
  • pusing atau kehilangan keseimbangan
  • sakit kepala parah

Gejala TIA hanya bisa bertahan beberapa menit, tapi masih tergolong serius. TIA dan stroke adalah keadaan darurat medis. Hubungi layanan darurat setempat segera jika anda mencurigai adanya TIA atau stroke.

Beberapa Penyebab Lain Munculnya Sensasi Aneh di Lidah

 1. Reaksi Alergi

Reaksi alergi terhadap makanan yang anda makan atau bahan kimia atau obat yang telah dikonsumsi dapat membuat lidah anda membengkak, gatal, dan tingling. Alergi makanan terjadi saat sistem kekebalan tubuh anda menjadi bingung dan berpikir bahwa makanan yang umum adalah berbahaya bagi tubuh. Makanan yang paling umum untuk memicu alergi adalah:

  1. Munculnya Sensasi Geli di Lidah- Global Estetik Dental Care
    Munculnya Sensasi Geli di Lidah- Global Estetik Dental Care

    telur

  2. kacang dan kacang pohon
  3. ikan
  4. kerang
  5. susu
  6. gandum
  7. kedelai

Beberapa orang dewasa yang alergi terhadap serbuk sari bisa mengalami lidah bengkak atau kesemutan dari sindrom alergi oral. Alergi membuat ada bereaksi terhadap beberapa buah dan sayuran mentah, seperti melon, seledri, atau persik. Hal itu menyebabkan iritasi mulut, dan bisa membuat mulut, bibir, dan lidah merasakan sensasi aneh, membengkak, atau teriritasi. Jika anda melihat mulut atau lidah anda kesemutan setelah makan makanan tertentu, hindari makanan itu di masa depan.

Jika anda mengalami hal-hal berikut, hubungi layanan gawat darurat dan segera dapatkan bantuan medis. Ini bisa menjadi tanda reaksi alergi yang parah dan dapat mengancam jiwa anda:

  1. mengi atau susah bernafas
  2. suara serak
  3. bibir atau mulut bengkak
  4. gatal-gatal
  5. kesulitan menelan

Alergi obat juga bisa menyebabkan lidah anda membengkak dan gatal. Sementara antibiotik sering menyebabkan reaksi ini, obat apapun bisa memicu gejala alergi. Jika anda memiliki gejala yang tidak biasa setelah memulai pengobatan baru, hubungi dokter pilihan anda segera.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat