[2] Beberapa Keadaan yang Tergolong Dental Emergency

klinik gigi jakarta

[2] Beberapa Keadaan yang Tergolong Dental Emergency

Global Estetik – Jika Anda menderita salah satu keadaan darurat berikut, inilah yang perlu anda ketahui tentang merawat masalah sampai anda dapat menemui dokter gigi.

Knocked-Out Tooth

Menurut American Association of Endodontists, dengan tindakan cepat setelah gigi terlepas, mungkin dokter gigi pilihan anda akan dapat memasukkan kembali dan merawat gigi anda. Dengan hati-hati angkat gigi dengan mahkota atau bagian atas, berhati-hatilah agar tidak menyentuh akar, dan bilas dengan hati-hati tanpa menggosoknya. Jika memungkinkan, masukkan kembali gigi ke dalam soket. Jika anda tidak bisa, letakkan gigi di dalam wadah kecil dan segera ke dokter gigi untuk meningkatkan kemungkinan menyelamatkan gigi anda.

Gigi Retak atau Patah
Keadaan yang Tergolong Dental Emergency- Global Estetik Dental Care
Keadaan yang Tergolong Dental Emergency- Global Estetik Dental Care

Jika anda mengalami patah tulang yang sangat menyakitkan atau serius, bersihkan mulut anda dengan air hangat dan kompres dingin ke bagian luar wajah untuk mengurangi pembengkakan. Konsumsi acetaminophen untuk rasa sakit tetapi hindari penggunaan obat penghilang rasa sakit atau gel mati rasa karena dapat merusak gusi.

Abses

Abses gigi adalah kondisi yang parah dan berpotensi mengancam nyawa di mana kantong nanah di gigi telah menyebabkan infeksi. Abses gigi dapat menyebabkan demam, sensitivitas gigi terhadap panas dan dingin, sakit gigi yang persisten, kelenjar getah bening di leher anda, pembengkakan di wajah, dan benjolan seperti jerawat pada gusi di dekat gigi yang terinfeksi.

Kondisi ini merupakan keadaan darurat karena infeksi dapat menyebar ke rahang, jaringan di sekitarnya, dan ke area lain di tubuh. Sebelum anda dapat menemui dokter gigi, bilas mulut anda dengan air garam ringan beberapa kali untuk mengurangi rasa sakit dan menarik nanah ke permukaan.

Bagaimana Menghindari Potensi Keadaan Darurat
Keadaan yang Tergolong Dental Emergency- Global Estetik Dental Care
Keadaan yang Tergolong Dental Emergency- Global Estetik Dental Care

Cara terbaik untuk mencegah keadaan darurat adalah tetap proaktif dalam kebersihan mulut dan lakukan pemeriksaan rutin dengan dokter gigi pilihan anda. Selama kunjungan ini, dokter gigi akan memeriksa tambalan dan mahkota yang longgar serta tanda-tanda pembusukan, infeksi, dan penyakit gusi.

Rencana perawatan khusus dapat dibuat untuk mengatasi masalah ini sebelum berkembang menjadi keadaan darurat. Anda juga dapat memperhatikan gigi dan tubuh anda yang meminta anda untuk memperhatikan tanda-tanda bahwa anda mungkin menuju keadaan darurat.

Meskipun rutinitas kebersihan gigi yang komprehensif dapat membantu menjaga keadaan ini tetap berlangsung, keadaan darurat bisa saja terjadi. Jika anda berurusan dengan keadaan darurat ini, waktu adalah esensi untuk mencegah situasi menjadi lebih buruk.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat