Tahap Demi Taham Proses Skrining Kanker Mulut

klinik gigi bandung

Tahap Demi Taham Proses Skrining Kanker Mulut

Global Estetik – Meski akan sulit untuk mendeteksi kehadiran kanker mulut namun ada beberapa tahap pemeriksaan yang dapat dilakukan untuk menghindari potensi masalah kanker mulut untuk dapat membesar dan menyebabkan ancaman pada nyawa seseorang.

Pemeriksaan Lidah

Lidah, khususnya kedua sisi adalah tempat paling umum untuk melihat tanda-tanda munculnya kanker mulut, dengan lantai mulut (di bawah lidah) berada di urutan kedua. Kanker bibir sebagian besar memengaruhi bibir bawah dan sering kali ada riwayat paparan sinar matahari kronis dan kerusakan sebelumnya, yang terlihat sebagai penskalaan dan pengerasan pada lokasi.

Yang perlu diingat di sini adalah bisul yang berulang di daerah bibir juga bisa disalahartikan sebagai cold sores. Karena lidah memiliki suplai darah yang kaya dan drainase limfatik – sistem limfatik merupakan komponen utama dari sistem perlindungan kekebalan tubuh kita) – 30% kanker telah menyebar atau bermetastasis pada saat didiagnosis.

dokter gigi bandung

Fakta diatas adalah fakta yang menakutkan dan sekarang mari kita maju selangkah dimana hingga 15% orang yang didiagnosis menderita kanker mulut biasanya memiliki kanker primer kedua. Namun, ketika terdeteksi dini saat lesi kecil, tingkat kelangsungan hidup melebihi 80%.

Ingat! deteksi dini adalah kuncinya. Jika Anda melihat adanya lesi yang tidak biasa (luka atau bisul), atau perubahan warna (bercak putih atau merah), di mana saja di mulut Anda yang tidak sembuh dalam dua-tiga minggu, segera kunjungi dokter gigi atau dokter primer.

Diagnosis Dapat Berjalan Rumit

Sebelumnya kita telah menjelaskan tentang fakta bahwa kanker mulut paling sering terdeteksi ketika mereka berada pada tahap akhir, dengan diagnosis dini biasanya hanya terjadi pada sekitar sepertiga dari semua kasus kanker mulu. Sayangnya, deteksi dan diagnosis ini sebenarnya sanga rumit.

Mengapa? Karena tanda-tanda awal dapat meniru luka yang tidak berbahaya yang terjadi di mulut seperti sariawan, infeksi ringan, atau iritasi yang terjadi akibat menggigit atau bahkan makanan tertentu. Ketika kita melakukan pemeriksaan kanker mulut yang tepat yang mencakup orofaring, ahli kesehatan akan merasakan munculnya benjolan; memeriksa bibir dan semua permukaan bagian dalam mulut, termasuk amandel di bagian belakang tenggorokan.

Tags:

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat