[1] Tenggorokan Saya Terasa Sakit di Satu Sisi

Global Estetik – Sakit tenggorokan bisa berkisar dari menjengkelkan hingga menyiksa. Anda mungkin pernah mengalami sakit tenggorokan beberapa kali sebelumnya, jadi Anda tahu apa yang diharapkan. Tapi bagaimana dengan rasa sakit di satu sisi tenggorokan ?

Banyak hal yang bisa menyebabkan sakit tenggorokan di satu sisi, bahkan jika anda tidak memiliki amandel. Anda mungkin hanya mengalami sakit tenggorokan, atau anda mungkin memiliki gejala tambahan, seperti sakit telinga. Teruslah membaca untuk mempelajari lebih banyak apa yang mungkin menyebabkan sakit tenggorokan anda merasa sakit hanya di satu sisi.

Postnasal Drip
Tenggorokan Terasa Sakit di Satu Sisi- Global Estetik Dental Care
Tenggorokan Terasa Sakit di Satu Sisi- Global Estetik Dental Care

Postnasal Drip mengacu pada lendir yang menetes di bagian belakang hidung. Bila ini terjadi, mungkin rasanya semua lendir itu ada di tenggorokan anda. Kelenjar di hidung dan tenggorokan secara teratur menghasilkan 1 sampai 2 liter lendir setiap hari. Namun, jika anda sakit akibat infeksi atau alergi, Anda cenderung menghasilkan lebih banyak lendir. Bila lendir tambahan terakumulasi dan tidak bisa mengalir dengan baik, perasaan menetes ke tenggorokan anda mungkin akan menimbulkan ketidanyamanan.

Baca Juga :  [Fakta vs Hoax] Efek Fluoride Pada Ibu Hamil Dapat Berakibat Penurunan IQ Bayi

Tetesan postnasal sering mengganggu tenggorokan anda, membuatnya terasa sakit. Anda mungkin merasakan sakit ini hanya pada satu sisi, terutama di pagi hari setelah tidur di satu sisi. Pengobatan postnasal drip melibatkan penanganan kondisi yang mendasarinya. Sementara itu, a bisa minum dekongestan, seperti pseudoephedrine (Sudafed), untuk menghilangkan gejala yang menimbulkan masalah ini.

Tonsilitis

Tonsilitis adalah pembengkakan, biasanya karena infeksi amandel. Amandel adalah bola bulat jaringan limfatik di bagian belakang tenggorokan anda. Anda memiliki dua amandel, satu di setiap sisi tenggorokan anda, tepat di belakang lidah. Kadang tonsilitis hanya menyerang satu tonsil, menimbulkan sakit tenggorokan di satu sisi.

Baca Juga :  Konsep Klinik Gigi ala Spa, Efektifkah?
Tenggorokan Terasa Sakit di Satu Sisi- Global Estetik Dental Care
Tenggorokan Terasa Sakit di Satu Sisi- Global Estetik Dental Care

Tonsilitis biasanya disebabkan oleh infeksi virus, namun infeksi bakteri juga dapat menyebabkannya. Gejala utamanya adalah sakit tenggorokan, biasanya disertai beberapa gejala berikut:

  • demam
  • bau mulut
  • hidung tersumbat dan pilek
  • pembengkakan kelenjar getah bening
  • Amandel merah bengkak ditutupi dengan bercak nanah
  • kesulitan menelan
  • sakit kepala
  • sakit perut
  • bercak yang berdarah pada amandel

Sebagian besar kasus amandel virus sembuh dengan sendirinya dalam waktu 10 hari. Anda bisa meringankan rasa sakit dengan penghilang rasa sakit over-the-counter (OTC) atau pengobatan di rumah, seperti berkumur dengan air asin. Jika anda memiliki tonsilitis yang disebabkan bakteri, kemungkinan besar pasien akan memerlukan antibiotik dari dokter pilihan anda.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat