Global Estetik – Kanker bibir adalah sel abnormal yang tumbuh di luar kendali dan membentuk lesi atau tumor pada bibir. Mereka adalah jenis kanker mulut yang paling umum. Kanker ini berkembang dalam sel yang tipis dan rata – yang disebut sel skuamosa – yang melapisi bibir, mulut, lidah, pipi, sinus, tenggorokan, dan palet keras dan lunak.

Kanker Mulut- Global Estetik Dental Care

Kanker Mulut- Global Estetik Dental Care

Kanker bibir dan jenis kanker mulut lainnya adalah jenis kanker kepala dan leher. Pilihan gaya hidup tertentu, seperti merokok, minum, terpapar sinar matahari, dan tanning kulit, meningkatkan risiko terkena kanker bibir. Dokter gigi biasanya yang pertama memperhatikan tanda-tanda kanker bibir, seringkali selama pemeriksaan gigi rutin. Kanker bibir sangat mudah disembuhkan saat didiagnosis dini.

Apa penyebab Kanker Bibir?

Menurut National Institute of Dental and Craniofacial Research, kebanyakan kasus kanker mulut dikaitkan dengan penggunaan tembakau dan penggunaan alkohol berat. Paparan sinar matahari juga merupakan faktor risiko utama, terutama bagi orang-orang yang bekerja di luar rumah karena mereka cenderung mendapatkan eksposur sinar matahari yang berkepanjangan.

Siapa saja yang berisiko terkena Kanker Bibir?

Perilaku dan gaya hidup anda sangat mempengaruhi risiko kanker bibir. Lebih dari 36.000 orang didiagnosis menderita kanker mulut setiap tahunnya. Faktor-faktor yang dapat meningkatkan risiko kanker bibir meliputi:

  • Kanker Mulut- Global Estetik Dental Care

    Kanker Mulut- Global Estetik Dental Care

    merokok atau menggunakan produk tembakau (rokok, cerutu, pipa, atau tembakau kunyah)

  • penggunaan alkohol berat
  • paparan sinar matahari langsung (baik alami maupun buatan), termasuk penggunaan tempat tidur tanning, dalam waktu lama
  • memiliki kulit yang cerah atau kulit berwarna terang
  • laki-laki
  • infeksi human papillomavirus (HPV), virus menular seksual
  • lebih tua dari 40 tahun

Mayoritas kanker mulut dikaitkan dengan penggunaan tembakau. Risikonya bahkan lebih tinggi bagi orang yang menggunakan tembakau dan minum alkohol, dibandingkan dengan mereka yang hanya menggunakan salah satu dari keduanya.

Apa saja gejala yang Ditimbulkan Kanker Bibir?

Tanda dan gejala kanker bibir meliputi:

  1. Luka, luka, lecet, bisul, atau benjolan di mulut yang tidak hilang
  2. Patch merah atau putih di bibir
  3. pendarahan atau nyeri di bibir
  4. Pembengkakan rahang

Kanker bibir mungkin tidak memiliki gejala dan kadang-kadang pertama kali diketahui oleh seorang dokter gigi selama pemeriksaan gigi reguler. Jika anda memiliki luka atau benjolan di bibir anda, itu tidak berarti anda memiliki kanker bibir. Diskusikan gejala anda dengan dokter gigi pilihan anda.

Bagaimana cara mencegah kanker bibir ?

Kanker bibir dapat dicegah dengan menghindari penggunaan semua jenis tembakau, menghindari asupan alkohol yang berlebihan, dan membatasi paparan sinar matahari alami dan buatan, terutama penggunaan tempat tidur tanning. Karena banyak kanker bibir pertama kali ditemukan oleh dokter gigi, penting untuk membuat janji gigi reguler dengan profesional yang berlisensi, terutama jika anda berisiko terkena kanker bibir.

Baca Juga :  Dampak Aktifitas Fisik Seperti Olahraga pada Kesehatan Gigi dan Mulut