[1] Serba-Serbi Munculnya Bercak Coklat di Gigi – Penyebab

[1] Serba-Serbi Munculnya Bercak Coklat di Gigi – Penyebab

Global Estetik – Merawat gusi dan gigi akan membantu menghindari kerusakan gigi dan bau mulut. Ini juga membantu menjaga penyakit gusi jauh dari mulut. Bagian penting dari kebersihan mulut yang baik adalah menghindari, dan mencari bintik-bintik coklat pada gigi.

Bintik-bintik coklat di gigi terkadang bisa terlihat namun dalam beberapa kesempatan juga tidak. Mereka berkisar dalam naungan dari hampir kuning ke coklat tua. Beberapa bintik coklat terlihat seperti bercak-bercak bercabang, dan lainnya terlihat seperti garis. Bentuknya bisa tidak beraturan atau hampir seragam. Bintik-bintik ini seringkali merupakan pertanda kebersihan mulut yang buruk. Mereka mungkin juga menandakan masalah kesehatan, seperti penyakit celiac.

Penyebab

Bintik-bintik coklat yang muncul di gigi, serta perubahan warna lainnya, memiliki banyak penyebab. Mereka termasuk:

Nikotin
Tembakau adalah penyebab umum noda permukaan pada gigi. Nikotin ditemukan pada produk tembakau, seperti:

  • tembakau kunyah
  • rokok
  • tembakau pipa
  • cerutu

Makanan dan minuman
Perubahan warna gigi, termasuk bintik coklat, abu-abu, dan kuning, bisa disebabkan oleh apa yang kita makan dan minum, seperti:

  • kopi
  • teh
  • anggur merah
  • soda
  • bluberi
  • blackberry
  • buah delima

Kerusakan gigi
Saat enamel gigi, lapisan keras dan terluar gigi mulai terkikis akibat kerusakan gigi. Bakteri penuh plak terus terbentuk pada gigi. Bila anda mengonsumsi makanan yang mengandung gula, bakteri akan menghasilkan asam. Jika plak tidak disikat gigi secara teratur, asam ini akan memecah enamel gigi. Hal ini menyebabkan noda coklat dan gigi berlubang. Pembusukan gigi bisa bermacam-macam. Bila tidak diobati, ini adalah penyebab umum bercak coklat pada gigi.

Karang gigi
Bila anda tidak membuang plak secara teratur, ia bisa mengeras, berubah menjadi karang gigi. Tartar dapat berkisar dari kuning hingga coklat, dan tampak di sepanjang garis gusi.

Fluorosis
Fluorida dalam air melindungi gigi, tapi terlalu banyak dapat menyebabkan fluorosis gigi. Hal ini biasanya terjadi pada anak-anak saat gigi mereka terbentuk, di bawah garis gusi. Fluorosis umumnya ringan dan mengambil tampilan tanda-tanda putih dan berenda. Bila sudah parah, bercak di enamel gigi menjadi bersatu, dan bercak coklat muncul. Fluorosis parah adalah kejadian yang langka.

Hipoplasia enamel
Faktor genetik atau lingkungan kadang-kadang dapat menyebabkan gigi memiliki enamel lebih sedikit daripada yang mereka butuhkan. Ini dikenal sebagai hipoplasia email. Hal ini dapat disebabkan oleh kekurangan vitamin, penyakit maternal, atau kekurangan gizi selama kehamilan, paparan toksin, dan faktor lainnya. Enamel hypoplasia dapat mempengaruhi satu gggi atau lebih, dan sering tampak seperti tekstur kasar, coklat atau kuning.

Saluran akar
Saat pulp dari salah satu gigi mati, anda memerlukan saluran akar. Gigi yang membutuhkan prosedur ini bisa berubah menjadi coklat dan tetap coklat. Ini karena akarnya telah mati dan menyerap gigi.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat