[1] Sensasi Seperti Sabun di Mulut ? Kok Bisa ?

Global Estetik – Mulut anda mungkin untuk sementara waktu bisa terasa sepeerti mengonsumsi sabun setelah anda makan makanan seperti wortel dan ketumbar. Wortel memiliki senyawa yang disebut terpenoid yang menyebabkan sensasi ini. Rasa sabun yang disebabkan oleh ketumbar adalah karena gen anda dan bagaimana otak memproses baunya. Makanan ini mungkin tidak enak untuk anda, tapi rasa sabun dari makanan tidak menimbulkan kekhawatiran.

Sensasi Seperti Sabun di Mulut- Global Estetik Dental Care
Sensasi Seperti Sabun di Mulut- Global Estetik Dental Care

Namun, bila rasa sabun di mulut anda berlangsung selama beberapa jam atau hari, biasanya ini adalah gejala overexposure terhadap sodium fluorida. Kondisi ini mungkin serius. Inilah yang harus diketahui tentang bahan kimia ini dan bagaimana cara tetap aman jika anda bekerja disekitarnya.

Sodium fluorida ditemukan dalam berbagai hal, termasuk pasta gigi dan air minum. Hal ini dapat membantu mencegah kerusakan gigi dan membangun kembali enamel gigi. Ini telah digunakan di banyak sistem air publik sejak tahun 1950an. Rendahnya tingkat fluoride yang ditemukan pada pasta gigi, perawatan gigi, dan air minum pada umumnya aman. Namun, kadar sodium fluorida yang tinggi bisa berbahaya. Bahan kimia ini digunakan dalam konsentrasi yang lebih tinggi dalam insektisida dan aplikasi industri lainnya.

Baca Juga :  [1]Dental Crown atau Implant ? Hmm..

Beberapa prang yang bekerja dengan atau disekitar konsentrasi sodium fluoride setiap hari berisiko lebih besar mengalami keracunan fluorida. Anda mungkin juga menjadi berisiko jika anggota keluarga membawa pulang pakaian yang terkontaminasi atau barang lainnya. Orang mungkin memiliki risiko paparan yang meningkat jika mereka bekerja dalam bidang berikut:

  1. pertanian (melalui insektisida)
  2. pertambangan dan pengolahan batu
  3. produksi baja
  4. manufaktur kaca
  5. pengelasan
  6. lempeng listrik
  7. pengolahan air

Pemaparan sedang terhadap bubuk atau kristal natrium fluorida dapat menyebabkan:

  • iritasi kulit atau terbakar
  • iritasi pada mata, tenggorokan, dan hidung
  • batuk
  • bersin
  • sesak napas
Sensasi Seperti Sabun di Mulut- Global Estetik Dental Care
Sensasi Seperti Sabun di Mulut- Global Estetik Dental Care

Seiring dengan rasa bersabun atau asin di mulut, Anda mungkin juga akan memiliki gejala berikut:

  • mati rasa pada mulut
  • muntah atau diare
  • sakit perut
  • pupil mata membesar
  • pucat atau munculnya bercak biru di kulit
  • kejang
  • pingsan
Baca Juga :  Ramadhan dan Kesehatan Gigi: Apa Boleh Melakukan Perawatan Gigi Kala Sedang Berpuasa?

Keracunan fluorida bisa berlangsung dari beberapa menit sampai dua jam untuk muncul, menurut Food and Drug Administration. Hubungi dokter pilihan anda atau dapatkan pertolongan medis segera jika anda memperhatikan gejala ini. Jika tidak diobati, kadar sodium fluorida yang berbahaya dapat menyebabkan kematian.

Diagnosa

Hubungi dokter  jika Anda merasakan sensasi sabun yang terus-menerus di mulut anda. Pada pertemuan nanti, dokter akan menanyakan gejala dan memberi anda pemeriksaan fisik. Pastikan untuk memberitahu mereka jika anda bekerja di sekitar bahan berbahaya yang mungkin mengandung sodium fluorida atau bahan kimia lainnya. Dokter mungkin juga akan mengetes fungsi paru-paru dan tes urine untuk mengevaluasi tingkat keterpaparan.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat