Global Estetik – Apakah anda mendapati sensasi rasa asin di mulut anda saat anda bangun untuk hari ini? atau bahkan saat anda belum makan sesuatu yang asin? anda mungkin bertanya-tanya apa yang terjadi. Sensasi aneh ini sebenarnya cukup umum. Meski biasanya tidak menimbulkan kekhawatiran, anda tetap harus menemui dokter jika mengalami gejala lain. Inilah yang harus diperhatikan.

1. Mulut kering
Munculnya Sensasi Asin di Mulut- Global Estetik Dental Care

Munculnya Sensasi Asin di Mulut- Global Estetik Dental Care

Seiring dengan rasa asin, anda mungkin juga merasa memiliki bola kapas di mulut anda. Ini dikenal sebagai masalah mulut kering (xerostomia). Hal ini dapat disebabkan oleh segala hal dari penggunaan tembakau hingga penuaan hingga efek samping pengobatan.

Anda mungkin juga mengalami:

  • lengket di mulut
  • air liur tebal atau benang
  • bau mulut
  • sakit tenggorokan
  • suara serak
  • lidah beralur

Mulut kering relatif mudah sembuh dengan sendirinya. Pastikan untuk minum banyak air dan hindari makanan pedas dan asin sampai gejala yang anda derita akhirnya mereda. Anda juga bisa mencoba mengunyah permen karet bebas gula atau menggunakan mouthwash over-the-counter (OTC), seperti Act Dry Mouth Mouthwash, untuk membantu merangsang produksi air liur.

2. Dehidrasi

Dehidrasi adalah penyebab umum lain dari kemunculan sensasi mulut asin dan kering, dan dapat berkembang secara tiba-tiba atau bertahan dengan lama. Beberapa orang mungkin mengalami dehidrasi setelah diare atau muntah. Beberapa yang lain mungkin mengalami dehidrasi setelah berolahraga dengan penuh semangat dalam cuaca panas.

Anda mungkin juga mengalami:

  1. gampang haus
  2. kurang sering buang air kecil
  3. urin gelap
  4. kelelahan
  5. pusing
  6. linglung

Dokter menyarankan minum enam sampai delapan gelas cairan setiap hari. anda mungkin membutuhkan lebih banyak jika anda sakit, cuaca panas, atau jika anda berolahraga.

Munculnya Sensasi Asin di Mulut- Global Estetik Dental Care

Munculnya Sensasi Asin di Mulut- Global Estetik Dental Care

Tanpa pengobatan, dehidrasi bisa menyebabkan komplikasi serius. Anda mungkin mengalami kejang, kelelahan panas, masalah pada ginjal, atau bahkan kondisi yang mengancam jiwa yang disebut syok hipovolemik. Kebanyakan orang dewasa bisa menjadi lebih baik dengan meminum lebih banyak cairan. Pada kasus yang parah, anda mungkin dirawat di rumah sakit untuk menerima cairan dan elektrolit secara intravena.

3. Pendarahan di Mulut

Sensasi munculnya rasa asin atau metalik di mulut mungkin merupakan tanda munculnya pendarahan mulut. Hal ini bisa terjadi karena sejumlah alasan, seperti mengonsumsi makanan yang tajam, seperti keripik, atau menyikat gusi anda terlalu agresif.

Jika gusi anda secara teratur berdarah setelah anda floss atau sikat gigi, anda mungkin mengalami penyakit gusi (radang gusi). Ini adalah kondisi umum yang juga bisa menyebabkan gusi anda menjadi sakit dan bengkak seiring berjalannya waktu. Tanpa pengobatan, penyakit gusi bisa menyebabkan infeksi. Jika anda mengalami pendarahan atau kelembutan yang tidak dapat dijelaskan, segera temui dokter gigi pilihan anda.