[1] Penanganan Proses Pertumbuhan “Two-Year Molar” pada Buah Hati Anda

Kapan Anak Bayi Tumbuh Gigi

Global Estetik – Geraham dua tahun atau lebih dikenal sebagai two-year molar adalah gigi susu terakhir bagi anak anda. Proses penumbuhan gigi seringkali merupakan pengalaman yang tidak menyenangkan bagi bayi, dan juga bagi orang tua yang dapat dibiarkan merasa tak berdaya untuk mengatasi ketidaknyamanan tersebut. Kabar baiknya adalah bahwa ini adalah gigi terakhir yang tumbuh sampai anak anda mendapatkan gigi dewasa mereka. Mengetahui cara mengobati rasa sakit dan ketidaknyamanan dapat membantu keluarga anda melalui proses ini.

Tanda-Tanda Pertumbuhan Gigi Geraham

Pertumbuhan "Two-Year Molar" pada anak- Global Estetik Dental Care
Pertumbuhan “Two-Year Molar” pada anak- Global Estetik Dental Care

Orang tua mungkin dapat memperhatikan bahwa gejala pertumbuhan gigi geraham mirip dengan proses tumbuh gigi lainnya. Ini bisa meliputi:

  • sikap lekas marah
  • meneteskan air liur
  • mengunyah barang dan pakaian
  • terlihat sakit, gusi merah

Meskipun memiliki kesamaan, anak anda mungkin juga bisa memberi tahu para orang tuanya tentang ketidaknyamanan mereka, tidak seperti bayi. Banyak balita tidak memiliki tanda-tanda ketidaknyamanan dan tidak mengeluh tentang rasa sakit saat geraham mereka tumbuh. Bagi beberapa yang lain, rasa sakitnya mungkin lebih buruk karena gigi geraham lebih besar dari gigi lainnya dan bahkan beberapa anak mungkin juga mengeluh menderita sakit kepala.

Baca Juga :  Stop HOAX, Fluorida Sangat Penting untuk Kesehatan Gigi

Waktu Pertumbuhan Gigi Geraham

Geraham adalah gigi terakhir yang aakn tumbuh, dan mereka bisa tumbuh satu per satu. Si buah hati anda kemungkinan akan mendapatkan molar pertama mereka terlebih dahulu, yang terletak di sebelah gigi taring (cuspid). Geraham kedua adalah gigi geraham tepat di belakang geraham pertama, dan gigi ini akan menjadi gigi paling belakang sampai gigi mereka bertambah (gigi geraham ketiga) pada usia remaja akhir atau awal masa dewasa.

Wwaktu yang tepat untuk tumbuhnya molar juga bervariasi, kebanyakan anak mendapatkan molar pertama mereka antara usaia 13 dan 19 bulan di atas, dan 14 dan 18 bulan di bagian bawah. Geraham kedua anak anda akan muncul di antara 25 dan 33 bulan di baris atas, dan 23 sampai 31 bulan di bagian bawah.

Baca Juga :  Bruxism 101: Padahal Saya Ga Stress Lho Dok!

Menjaga Gigi Geraham

Tumbuhnya gigi geraham belum tentu dapat menjadi alasan untuk mengunjungi dokter gigi, kecuali jika ada kunjungan yang telah direncakanan yang sudah bersamaan dengan kejadian ini. Semua anak harus melakukan kunjungan gigi pertama mereka saat mereka berusia 1 tahun.

Tetap saja, penting bagi anda untuk mulai mengajari anak utnuk merawat geraham mereka, sama seperti gigi mereka yang lain. Segera setelah gigi geraham muncul, pastikan anda dengan lembut menyikat gigi dan di sekitar mereka dengan pasta gigi berfluoride.

Rongga cenderung paling umum terjadi di dan di antara geraham, terutama pada anak kecil yang tidak bisa dengan sempurna membersihkan dan menyikat gigi belakang serta bagian depan. Mendapatkan pengetahuan akan posisi gigi geraham dapat membantu mencegah gigi berlubang dan kerusakan gigi.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat