[1] Leuklopakia ? Hah ? Apa itu..

[1] Leuklopakia ? Hah ? Apa itu..

Global Estetik – Leukoplakia adalah kondisi di mana bercak putih tebal terbentuk di lidah dan lapisan mulut anda. Merokok adalah penyebab paling umum. Tapi iritasi lainnya juga bisa berakibat pada kondisi ini. Leukoplakia ringan biasanya tidak berbahaya dan sering hilang dengan sendirinya. Kasus yang lebih serius mungkin terkait dengan kanker mulut. Ini harus segera diobati. Perawatan gigi secara teratur dapat membantu mencegah kekambuhan.

Leuklopakia- Global Estetik Dental Care
Leuklopakia- Global Estetik Dental Care

Leukoplakia ditandai dengan bercak-bercak yang tidak biasa di dalam mulut anda. Patch ini dapat bervariasi dalam penampilan dan mungkin memiliki beberapa fitur berikut:

  • putih atau abu-abu
  • tebal, keras, permukaan terangkat
  • berbulu (hairy leukoplakia saja)
  • bintik merah (jarang)

Kemerahan bisa jadi pertanda kanker. Segera temui dokter anda jika anda memiliki bercak dengan bintik merah Leukoplakia yang paling sering terjadi di lidah anda. Bisa juga muncul di pipi dan gusi anda. Patch bisa memakan waktu beberapa minggu untuk berkembang, dan jarang sekali terasa sakit. Beberapa wanita dapat mengembangkan leukoplakia di bagian luar alat kelamin mereka di daerah vulva.

Apa penyebab timbulnya leukoplakia?

Penyebab pasti leukoplakia tidak diketahui. Ini terutama terkait dengan penggunaan tembakau. Merokok adalah penyebab paling umum. Tapi mengunyah tembakau juga bisa menyebabkan leukoplakia.

Penyebab lainnya meliputi:

  1. Cedera di bagian dalam pipi anda, seperti dari menggigit
  2. Gigi kasar dan tidak rata
  3. Gigi palsu, terutama jika dipasang dengan tidak semestinya
  4. Kondisi peradangan tubuh
Leuklopakia- Global Estetik Dental Care
Leuklopakia- Global Estetik Dental Care

Penelitian menunjukkan mungkin ada hubungan antara leukoplakia dan virus papiloma manusia.

Hairy Leukoplakia

Virus Epstein-Barr (EBV) adalah penyebab utama leukoplakia berbulu (hairy leukoplakia). Begitu anda terkena virus ini, tetap ada di tubuh anda secara permanen. EBV biasanya tidak aktif. Namun, hal itu dapat menyebabkan bercak-bercak leukoplakia berbulu untuk berkembang setiap saat. Wabah ini lebih sering terjadi pada orang dengan HIV atau masalah kekebalan lainnya.

Bagaimana Leukoplakia bisa dicegah?

Banyak kasus leukoplakia dapat dicegah dengan perubahan gaya hidup:

  • Berhenti merokok atau mengunyah tembakau.
  • Kurangi penggunaan alkohol.
  • Konsumsilah makanan kaya antioksidan seperti bayam dan wortel. Antioksidan dapat membantu menonaktifkan iritasi yang menyebabkan bercak.

Hubungi dokter gigi atau dokter pilihan anda segera jika anda menduga anda menderita leukoplakia. Hal ini dapat membantu menjaga agar penyakit ini tidak bertambah parah. Tindak lanjut pertemuan sangat penting. Begitu anda mengembangkan leukoplakia, anda memiliki peningkatan risiko untuk mengembangkannya lagi di masa depan.

Tags:

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat