[1] Kenapa Kok Gusi Bisa Terasa Gatal ? – Penyebab

Global Estetik – Gusi yang gatal bisa jadi pertanda beberapa kondisi berbeda. Ini bisa termasuk penyakit gusi, alergi, perubahan hormon, dan banyak lagi. Mencari tahu kondisi mana yang menyebabkan gusi bisa menjadi merasakan sensasi gatal dapat membantu anda menemukan pengobatan yang tepat dan menghentikan rasa gatal.

Kesehatan gigi lebih dari sekadar gigi, namun ada banyak variable penting di dalam mulut. Gusi anda – jaringan halus yang melindungi gigi, akar, dan saraf pada muluyt anda sangat sensitif. Mereka juga membutuhkan perawatan dan perhatian dari anda. Tanpa perhatian dan perawatan yang tepat, gusi nantinya dapat mengembangkan beberapa jenis kondisi gigi kronis yang dapat menyebabkan konsekuensi serius pada kesehatan gigi dan mulut.

Beberapa Kemungkinan Penyebab Gatal pada Gusi

Mencari tahu apa yang menyebabkan gusi menjadi gatal dapat membantu  menemukan pengobatan yang tepat. Jika anda tidak yakin apa yang menyebabkan gejala yang anda derita, buat janji bertemu dengan dokter gigi pilihan anda. Bersama-sama, anda dapat menyingkirkan beberapa penyebab sampai nantinya menemukan alasan yang menjelaskan mengapa gusi menjadi gatal.

Baca Juga :  Duhh Jangan Sampai Over-Brushing Ya
Gusi Bisa Terasa Gatal- Global Estetik Dental Care
Gusi Bisa Terasa Gatal- Global Estetik Dental Care

Luka pada Gusi
Trauma atau luka pada gusi bisa menyebabkan rasa sakit, tidak nyaman, dan gatal. Cedera ini mungkin akibat cedera fisik, seperti cedera yang diderita saat bermain olahraga. Cedera juga bisa jadi akibat dari perilaku. Menggiling gigi, juga disebut bruxism, bisa menyebabkan sakit kepala, sakit rahang, dan bahkan gatal gusi. Gusi juga bisa menjadi iritasi dan gatal karena menggunakan e-cigarette dan vaping.

Akumulasi plak
Lapisan tipis atau plak – zat lengket yang tidak berwarna – dapat terbentuk dari waktu ke waktu. Lendir dan campuran makanan dengan bakteri membuat pertumbuhan berlebih dari plak. Seiring waktu, plak bisa menyebabkan penyakit gusi. Gejala penumpukan plak bisa termasuk kepekaan gusi, perdarahan saat menyikat gigi, dan gusi yang gatal.

Radang gusi
Tahap pertama penyakit gusi adalah gingivitis. Nama lain untuk penyakit gusi adalah penyakit periodontal. Gingivitis adalah bentuk penyakit ringan, dan ini disebabkan oleh penumpukan plak. Pada fase ini, gingivitis kemungkinan tidak menyebabkan komplikasi tambahan.

Reaksi alergi
Sensitivitas atau alergi terhadap hal-hal tertentu dapat menyebabkan gusi gatal. Ini termasuk makanan, benih, obat-obatan, dan hewan peliharaan. Bahkan alergi musiman seperti hay fever bisa menyebabkan gatal gatal.

Baca Juga :  Good Smile Itu Tak Hanya Gigi Terlihat Indah Tapi Juga Sehat - Kata Blogger's
Gusi Bisa Terasa Gatal- Global Estetik Dental Care
Gusi Bisa Terasa Gatal- Global Estetik Dental Care

Perubahan hormonal
Perubahan pada kadar hormon alami anda dapat mempengaruhi gusi. Wanita saat hamil, pubertas, menstruasi, atau menopause mungkin mengalami gusi gatal lebih sering. Mereka mungkin juga mengalami gejala oral lainnya, termasuk rasa sakit, kepekaan, dan pendarahan pada saat-saat seperti ini.

Mulut kering
Mulut melakukan pekerjaan dengan baik untuk mengatur kelembaban alami. Terkadang, kondisi medis atau obat tertentu dapat membuat mulut tidak menghasilkan cukup air liur untuk menjaga gusi dan kelembaban lidah. Hal ini dapat menyebabkan mulut kering, dan salah satu gejala umum dari kondisi ini adalah gusi yang gatal.

Perangkat gigi yang tidak cocok
Gigi palsu dan partial yang tidak cocok bisa menimbulkan masalah. Jika ada celah antara perangkat dan gusi, makanan bisa menyelinap masuk. Bakteri bisa mulai tumbuh, dan infeksi bisa terjadi. Hal ini dapat menyebabkan peradangan, sensitivitas, dan gatal pada gusi.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat