[1] Dari Mana Munculnya Sensasi Geli di Lidah ?

[1] Dari Mana Munculnya Sensasi Geli di Lidah ?

Global Estetik – Mungkin anda pernah merasakan sensasi aneh di lidah. Ini menggelitik atau lebih tepatnya sensasi seperti geli, memberi anda semacam sensasi pin-dan-jarum di mulut anda. Pada saat yang sama, mungkin juga terasa sedikit mati rasa. Namun haruskah kita khawatir?

Kemungkinan besar tidak. sensasi lidah tingling sering tidak perlu dikhawatirkan dan mungkin akan segera hilang dengan sendirinya.

Ada banyak alasan dibalik munculnya sensasi ini di lidah. Salah satu kemungkinan adalah kondisi yang dikenal sebagai fenomena Raynaud primer, kelainan yang biasanya mempengaruhi aliran darah ke jari tangan, jari kaki, dan lebih jarang ke bibir dan lidah.

Bila lidah anda menjadi dingin atau anda mengalami stres, arteri dan vena kecil yang membawa darah ke arahnya menjadi lebih sempit. Pada fenomena Raynaud primer, reaksi ini dilebih-lebihkan dan aliran darah ke daerah tersebut untuk sementara dikurangi. Hal ini menyebabkan lidah anda berubah warna dan terlihat seperti biru, sangat merah, atau sangat pucat. Selama atau setelah terkena fenomena in, lidah anda mungkin akan merasakan sensasi aneh tersebut dalam waktu singkat.

Raynaud primer bisa sangat mengganggu, tapi itu tidak berbahaya. Tidak ada penyebab yang diketahui dan itu tidak berarti anda memiliki masalah kesehatan yang serius. Jika anda merasakan gejala aneh di lidah, mereka akan hampir selalu pergi jika anda minum sesuatu yang hangat atau rileks untuk menghilangkan stres.

Sensasi Geli di Lidah- Global Estetik Dental Care
Sensasi Geli di Lidah- Global Estetik Dental Care

Raynaud primer biasanya menyebabkan episode berulang. Jika anda memperhatikan perubahan warna pada lidah yang bersifat sementara, ambil gambar untuk dibagikan dengan dokter pilihan anda sehingga mereka dapat memastikan diagnosis yang paling tepat. Penting juga untuk memastikan anda tidak mengalami Raynaud sekunder.

Raynaud sekunder adalah kelainan terkait yang menyebabkan gejala serupa, namun seringkali disebabkan oleh masalah kesehatan yang mendasarinya dengan sistem kekebalan tubuh, seperti lupus, rheumatoid arthritis, atau skleroderma.

Sensasi tingling atau mati rasa di lidah yang datang tiba-tiba dan juga mempengaruhi wajah, lengan, atau tungkai di satu sisi bisa menjadi tanda stroke. Droop wajah, susah bergerak atau berbciara juga bisa menjadi tanda. Salah satu gejala ini memerlukan perhatian medis segera – hubungi layanan darurat setempat.

Sensasi aneh yang hanya terjadi sesaat dan kemudian hilang atau anda bisa terhubung dengan orang lain, seperti alergi atau sakit sariawan, akan pergi dengan sendirinya. Jika terus berlanjut selama lebih dari beberapa hari atau menjadi sangat menyebalkan, segera temui dokter pilhan anda. Penting untuk mengetahui apakah penyebab sensasi ini adalah masalah kecil atau gejala masalah kesehatan yang lebih serius, seperti diabetes, kekurangan vitamin, atau multiple sclerosis.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat