[1] Beberapa Penyebab Gusi Menjadi Putih “Pucat”

[1] Beberapa Penyebab Gusi Menjadi Putih “Pucat”

Global Estetik – Gusi sehat biasanya berwarna merah muda. Terkadang mereka bisa menjadi merah karena kebersihan mulut yang buruk. Gusi putih atau pucat, di sisi lain, bisa menjadi merupakan gejala masalah kesehatan yang mendasarinya. Berbagai kondisi bisa menyebabkan gusi pucat, beberapa berpotensi serius.

Penyebab Gusi Menjadi Putih "Pucat"- Global Estetik Dental Care
Penyebab Gusi Menjadi Putih “Pucat”- Global Estetik Dental Care

Jadi jika anda memiliki gusi yang putih “pucat”, anda harus segera menemui dokter pilhan anda untuk mengetahui penyebabnya. Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut tentang kondisi yang menyebabkan gusi putih “pucat” dan pilihan perawatannya. Berikut beberapa penyebab umum yang menyebabkan gusi seseorang dapat menjadi gusi putih.

Radang Gusi

Gingivitis adalah infeksi bakteri pada gusi. Hal ini paling sering disebabkan oleh kebiasaan menyikat gigi dan flossing yang buruk. Akibatnya, gusi anda bisa menjadi pucat dan surut. Gejala gingivitis lainnya meliputi:

  • Gigi longgar
  • Gusi yang berdarah saat Anda menyikat atau floss
  • Gusi yang meradang atau merah
Sariawan

Sariawan adalah bisul yang menyakitkan yang berkembang di dalam mulut anda. Mereka bisa terjadi di dalam pipi, di bawah lidah, atau di bagian bawah gusi. Mereka menyakitkan untuk disentuh dan bisa menjadi sumber rasa sakit saat anda makan dan minum.

Jenis luka ini memiliki pusat kuning atau putih. Jika mereka berkembang di bagian bawah gusi anda, mereka bisa membuat gusi anda tampak putih atau pucat. Namun, anda tidak bisa mengatakan bahwa sariawan tidak menyebabkan gusi putih anda jika warna putih menutupi seluruh gusi anda.

Anemia
Penyebab Gusi Menjadi Putih "Pucat"- Global Estetik Dental Care
Penyebab Gusi Menjadi Putih “Pucat”- Global Estetik Dental Care

Anemia adalah kondisi medis yang disebabkan oleh rendahnya jumlah sel darah merah. Jenis sel darah ini penting untuk memindahkan oksigen ke seluruh jaringan dan organ tubuh anda. Penyebab anemia bervariasi. Ini mungkin terjadi karena kekurangan zat besi atau vitamin B-12 dalam makanan anda. Kadang juga hasil dari kondisi medis lainnya, seperti penyakit inflamasi seperti Crohn’s. Kelelahan ekstrim adalah salah satu tanda awal anemia. Gejala-gejala langsung lainnya meliputi:

  1. pusing
  2. sakit kepala
  3. lemas
  4. merasa kehabisan nafas
  5. ekstremitas dingin
  6. detak jantung tak teratur
  7. sakit dada
  8. pucat di kulit

Kulit pucat akibat kekurangan oksigen adalah akibat anemia. Hal ini juga bisa mempengaruhi gusi anda. Dengan anemia, anda tidak hanya akan memiliki gusi putih – anda juga akan melihat keseluruhan kulit pucat secara umum.

 

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat