Serba – Serbi Gigi Palsu Lepasan [Bagian Pertama]

Global Estetik – Gigi palsu yang dapat dilepas digunakan saat anda kehilangan sebagian atau seluruh gigi anda karena membusuk, rusak, akibat penyakit gusi atau masalah lainnya. Gigi palsu ini bertahan di dalam mulut anda dengan dukungan dari kerangka logam atau suction tergantung pada jenisnya, sehingga anda dapat mengeluarkannya sendiri. Secara general ada dua tipe gigi palsu lepasan, gigi palsu sebagian dan gigi palsu penuh.

Gigi Palsu Sebagian

Gigi palsu parsial atau sebagian sering digunakan sebagai metode penggantian gigi bila gigi alami disekitarnya tidak cukup kuat untuk mendukung struktur seperti jembatan gigi, atau bila lebih dari satu atau dua gigi telah hilang. Gigi palsu parsial dipasang pada bagian garis gusi yang akan mereka duduki, dan diikat kepada gigi alami terdekat agar tidak terjatuh dari tempatnya. Mereka tidak terikat secara permanen dan dapat dengan mudah dibawa keluar setiap saat untuk dibersihkan dan saat tidur.

Gigi Palsu Penuh

Gigi palsu penuh, atau dikenal sebagai gigi tiruan lengkap, adalah gigi palsu yang menggantikan semua gigi alami anda. Proses pemasangannya akan dipaskan dengan garis gusi atas atau bawah dan ditahan ditempatnya dengan suction atau bantuan perekat oral. Sama seperti gigi palsu parsial, mereka juga mudah untuk dilepaskan. Gigi tiruan penuh konvensional ditempatkan di mulut anda setelah sisa gigi yang rusak telah dicabut dan jaringan di dalam mulut telah sembuh. Penyembuhan mungkin memakan waktu beberapa bulan, dan selama itu anda mungkin akan beraktifitas tanpa gigi.

Ada jenis gigi tiruan penuh dan parsial lainnya yang berbeda dari gigi palsu kovensional biasanya yang  disebut gigi palsu langsung atau immediate dentures. Gigi palsu ini dibuat sebelum gigi yang digantikan dengan gigi palsu telah dicabut dan segera digunakan setelah ekstraksi gigi dan selama proses penyembuhan, yang bisa memakan waktu hingga sampai enam bulan. Gigi palsu ini bisa lebih mudah dilepaskan daripada gigi palsu permanen untuk mengakomodasi perubahan mulut karena pembengkakan pada gusi dan rahang saat penyembuhan. Gigi palsu langsung akan dibuang begitu proses penyembuhan selesai dan mulut Anda siap untuk gigi palsu permanen.

Gigi tiruan langsung (immediate dentures) dimasukkan segera setelah sisa gigi dikeluarkan. Dokter gigi anda melakukan pengukuran dan membuat model rahang anda selama kunjungan sebelumnya. Meskipun gigi palsu tipe ini menawarkan keuntungan bagi anda dengan tanpa harus tampil tanpa gigi, mereka harus diikat beberapa bulan setelah dimasukkan. Pasalnya, tulang yang menopang gigi terbentuk kembali saat penyembuhan, menyebabkan posisi gigi palsu menjadi kendur dan sedikit bergeser.

Gigi palsu baru mungkin akan terasa canggung atau tidak nyaman selama beberapa minggu pertama atau bahkan berbulan-bulan. Makan dan berbicara dengan gigi palsu mungkin memerlukan sedikit latihan. Perasaan besar atau longgar tidak jarang terjadi, sementara otot pipi dan lidah anda belajar untuk menahan gigi palsu anda. Aliran air liur yang berlebihan, perasaan bahwa lidah tidak memiliki ruang yang memadai, dan iritasi ringan atau nyeri juga bukan merupakan sesuatu hal yang tidak biasa dalam proses ini. Jika Anda mengalami iritasi, segera temui dokter gigi pilihan anda.

Bagikan Ke Teman:
Share:

Comments 1

Add Comment

Tinggalkan Balasan