Operasi Pencabutan Gigi Geraham Bungsu [Bagian Kedua]

Global Estetik – Bila gigi geraham bungsu telah rusak atau bermasalah, dokter gigi pilihan anda akan mempertimbangkan banyak faktor sebelum memutuskan apakah operasi pencabutan gigi tersebut adalah pilihan terbaik untuk anda. Pada bagian pertama kita telah membahas segala hal tentang gigi geraham bungsu dan penyebab mengapa anda membutuhkan operasi ekstraksi wisdom tooth. Berikut akan dijelaskan mengenai persiapan sebelum masuk ke ruang operasi.

Pertanyaan yang Perlu Anda Tanyakan pada Dokter Gigi Sebelum Operasi

Dokter gigi pilihan anda mungkin melakukan prosedur operasi di kliniknya. Namun, jika gigi anda terkena dampak yang parah atau jika ekstraksi diperkirakan akan sulit, dokter gigi mungkin akan menyarankan anda untuk menemui ahli bedah mulut. Pertanyaan yang mungkin ingin anda tanyakan kepada dokter gigi atau ahli bedah mulut meliputi:

  • Berapa banyak gigi geraham bungsu yang perlu dikeluarkan?
  • Apakah saya memerlukan anestesi lokal (yang membuat mati rasa mulut dan rahang) atau anestesi sedasi (yang membuat anda tidak mengetahui prosedurnya) ?
  • Seberapa rumitkah prosedur yang Anda harapkan ?
  • Berapa lama prosedur ini akan berlangsung ?
  • Apakah gigi bungsu yang bermasalah menyebabkan kerusakan pada gigi lainnya?
  • Apakah ada risiko bahwa saya mungkin mengalami kerusakan saraf?
  • Perawatan gigi apa yang mungkin saya butuhkan di kemudian hari?
  • Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk benar-benar sembuh dan kembali ke aktivitas normal?
Selama Operasi Ekstraksi Gigi Geraham Bungsu

Sebuah proses ekstraksi gigi geraham bungsu hampir selalu dilakukan dalam prosedur rawat jalan. Ini berarti anda dapat pulang ke rumah pada hari yang sama. Anda akan menerima instruksi dari rumah sakit atau staf klinik gigi tentang apa yang harus dilakukan sebelum operasi dan hari jadwal operasi anda

Dokter atau ahli bedah mulut anda dapat menggunakan salah satu dari tiga jenis anestesi. Anestesi yang sesuai untuk anda tergantung pada kompleksitas yang diharapkan dari proses ekstraksi gigi geraham bungsu dan tingkat kenyamanan anda. Pilihan anda meliputi:

  • Anestesi lokal. Dokter atau ahli bedah mulut anda akan memberikan anda anestesi lokal dengan satu atau lebih suntikan di dekat setiap lokasi ekstraksi. Sebelum anda menerima suntikan, dokter gigi atau ahli bedah anda kemungkinan akan memberikan cairan pada gusi yang mematikan rasa pada daerah tersebut. Anda akan terjaga selama operasi pengangkatan gigi. Meski anda akan merasakan tekanan dan gerakan, seharusnya anda tidak mengalami rasa sakit.
  • Anestesi Sedasi. Dokter atau ahli bedah mulut anda memberi anestesi sedasi melalui jalur intravena di lengan . Sedasi anestesi menekan kesadaran ada selama prosedur dan anda tidak akan merasa sakit. Anda juga akan menerima anestesi lokal untuk mematikan rasa pada gusi anda.
  • Anestesi umum. Dalam situasi khusus, Anda mungkin akan ditawari anestesi umum. Untuk anestesi umum, pasien akan menghirup obat melalui hidung. Jenis anestesi ini membuat Anda kehilangan kesadaran, dan tidak merasakan sakit selama prosedur berlangsung. Tim bedah akan memantau dengan seksama obat, pernapasan, suhu, cairan dan tekanan darah anda selama anestesi umum.
Bagikan Ke Teman:
Share:

Comments 1

Add Comment

Tinggalkan Balasan