Tingkat Paparan Radiasi Pada Perawatan Kesehatan Gigi

dokter gigi depok

Tingkat Paparan Radiasi Pada Perawatan Kesehatan Gigi

Global Estetik – Kekhawatiran yang sangat umum muncul dari para orang tua adalah tentang jumlah radiasi yang mungkin terpapar pada anak-anak mereka ketika perawatan kesehatan gigi membutuhkan fase penggunaan citraan dengan sinar-X.

Dari sudut pandang dokter gigi, kami perlu memahami status keseluruhan dari area yang terlihat dan tersembunyi di dalam mulut. Hal ini terutama merupakan area kontak dari gigi geraham di mana makanan dapat terus bertahan sehingga dapat menyebabkan gigi berlubang atau karies. Sesuai dengan penelitian yang telah didokumentasikan selama ini, hampir 80% peluruhan gigi pada anak-anak terjadi di antara area kontak antara gigi geraham.

dokter gigi jakartaAlasan utama untuk ini adalah seringnya ngemil dan kurangnya flossing dianatara anak-anak. Di Klinik Gigi yang terpercaya, prosedur penggunaan sinar-x akan mengikuti langkah-langkah ini untuk memastikan bahwa paparan sinar-X akan berada pada level minimal:

  • Tingkat kecepatan film yangbdigunakan.
  • Balok sinar-X difokuskan di sekitar area inti.
  • Kerah dan perisai pelindung digunakan.
  • Teknik pemaparan dan pemrosesan film yang tepat diikuti.
  • Jumlah sinar-X terbatas hingga minimum.

Rekomendasi Penggunaan Sinar-X
Sesuai dengan rekomendasi, pada sekitar usia 5 tahun, ketika gigi susus telah mulai muncul dengan lengkap, kita harus melakukan dua bitewings dan dua periapical. Jumlah total radiasi untuk set ini adalah 0,008 mSv. Jika satu gigi atau lebih ada, maka rontgen panoramik akan dibutuhkan. Jumlah paparan radiasi dalam x-ray panorama tunggal adalah 0,007 mSv.

Radiasi di Sekitar Kita
Jika melansir data dari Dewan Nasional negara Amerika Serikat tentang Perlindungan dan Pengukuran Radiasi, hampir setiap orang rata-rata menerima dosis efektif 3 milisieverts (mSv) per tahun dari bahan radioaktif yang terjadi secara alami dan radiasi kosmik dari luar angkasa.

Bahan radioaktif yang terjadi secara alami dapat ditemukan di udara yang kita hirup dan makanan yang kita makan. Radiasi kosmis lebih seperti radiasi latar. Eksposur-eksposur ini tidak terhindarkan dan belum terjadi. Tentu saja, sebagai dokter gigi, kami memahami dan menghormati kekhawatiran ketika ini dihadapkan ke pada kelompok anak-anak yang masih kecil kami, tetapi aspek penting lainnya adalah menjadi proaktif dan mendiagnosis pra-peluruhan awal yang dapat dicegah tanpa perlu banyak perawatan.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat