Ramadhan dan Kesehatan Gigi: Rahasia Dibalik Efektifnya Miswāk dalam Membersihkan Gigi

dokter gigi depok

Ramadhan dan Kesehatan Gigi: Rahasia Dibalik Efektifnya Miswāk dalam Membersihkan Gigi

Global Estetik – Apa yang juga akan direkomendasikan kepada orang yang berpuasa adalah penggunaan miswak sepanjang hari. Miswāk (juga dikenal sebagai siwāk atau sewāk) adalah ranting yang dipotong dari cabang pohon Salvadora persica, juga dikenal sebagai pohon arak (atau pohon peelu) yang dapat dan terbukti bisa membersihkan gigi. Miswak sangat terkenal di kalangan sebagian besar Muslim — tetapi apakah menggunakan miswāk efektif untuk membersihkan mulut seseorang?

The Wrigley Company melakukan penelitian tentang miswāk yang diterbitkan dalam Journal of Agriculture and Food Chemistry. Studi ini menemukan bahwa permen yang dicampur dengan ekstrak miswāk 20 kali lebih efektif dalam membunuh bakteri daripada permen biasa. Setelah setengah jam, permen yang dicampur dengan ekstrak miswak dapat membunuh sekitar 60% bakteri sedangkan permen biasa hanya berhasil pada tarah 3,6%.

klinik gigi bandungDalam edisi Agustus Journal of Periodontology (2008) muncul sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti Swedia tentang miswāk. Studi ini rupanya menemukan bahwa potongan miswāk yang ditangguhkan dalam cawan Petri (mengandung media untuk pertumbuhan bakteri) mampu membunuh bakteri yang menyebabkan penyakit periodontal tanpa kontak fisik dengan bakteri tersebut. Para peneliti menyarankan bahwa miswāk mungkin menyediakan antibiotik sebagai gas, dan mencoba menjelaskan fenomena ini.

Studi lain yang membandingkan menyikat gigi dan menggunakan miswāk dapat ditemukan di Pubmed (Perpustakaan Nasional AS untuk Layanan Kedokteran). Studi ini menyimpulkan bahwa penggunaan miswāk lebih efektif daripada menggunakan sikat gigi dalam mengurangi plak dan radang gusi asalkan digunakan dengan benar. Demikian pula penelitian yang dilakukan oleh sekelompok dokter gigi di King Saud University menyimpulkan bahwa menggunakan miswāk setidaknya sama baiknya dengan menggunakan sikat gigi, jika tidak lebih baik.

Efektivitas miswāk telah dikaitkan dengan sifat antibakteri yang kuat. Ciri lain dari miswāk yang diperkirakan berkontribusi pada keefektifannya, disebutkan oleh penelitian King Saud University, adalah bahwa bulunya sejajar dengan pegangan daripada tegak lurus yang berarti pembersihan yang efektif di antara gigi.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengambil langkah cukup menarik dengan merekomendasikan penggunaan miswāk pada tahun 1986. Jadi kita harus setuju bahwa menggunakan miswāk itu bermanfaat dan efektif. Ada banyak ḥadīths tentang manfaat dan faedah dari menggunakan miswāk dan merupakan Sunnah dari Nabi tercinta Muḥammad (sall Allāhu hualayhi wa sallam).

 

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat