Veneer Tidak Langsung – Porselen [Bagian Kelima] – Keuntungan Estetika

Global Estetik – Tampil semakin percaya diri dengan senyum yang sempurna setelah melewati prosedur pemasangan veneer menjadi salah satu kelebihan yang menjadi nilai estetis dari prosedur kosmetik ini. Hanya sedikit perawatan gigi kosmetik yang menawarkan hasil komprehensif dan manfaat estetika yang dapat diberikan veneer. Dalam satu perawatan, veneer dapat memperbaiki kekurangan permukaan seperti patah dan keretakan. Seperti disebutkan di atas, mereka juga dapat menyembunyikan noda pada gigi, yang tidak dapat diobati dengan prosedur pemutihan gigi tradisional. Veneers juga bisa mengubah bentuk gigi, ini menjadi solusi ideal untuk pasien dengan gigi tidak proporsional, aus, tidak beraturan, atau runcing.

Salah satu keuntungan terbesar veneer porselen adalah efek yang dapat mereka dapatkan pada kepercayaan diri pasien dan kesehatan emosional. Saat pasien merasa senang dengan penampilan gigi mereka, mereka cenderung tersenyum. Pada akhirnya, ini bisa meningkatkan mood, kehidupan sosial, dan bahkan kesuksesan profesional mereka. Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa tersenyum secara langsung mempengaruhi emosi; Sebuah studi penting yang dilakukan oleh Dr. Robert Zajonc pada tahun 1989 menemukan bahwa bahkan senyum yang dipaksakan pun bisa membuat orang merasa lebih bahagia. Zajonc berteori bahwa ketika orang mengaktifkan otot yang dibutuhkan untuk tersenyum, mereka justru menaikkan suhu darah yang melintas ke otak yang pada akhirnya, suhu yang lebih tinggi ini merangsang bagian-bagian otak yang mengendalikan emosi.

 

Dampak Bagi Kesehatan Gigi

Manfaat utama veneer adalah kosmetik; Namun, ada beberapa cara untuk meningkatkan kesehatan gigi secara keseluruhan. Pertama, veneer bisa memberi sedikit kekuatan pada gigi yang rusak. Pasien harus mencatat, bagaimanapun bahwa veneer tidak dapat memulihkan gigi yang rusak parah atau lemah. Dalam kasus ini, mahkota gigi akan memberikan perlindungan yang lebih baik untuk kesehatan mulut pasien.

Meskipun veneer biasanya memerlukan pengikisan email, prosedur ini membuat sebagian besar struktur gigi tetap utuh. Sebaliknya, untuk menempatkan mahkota, dokter gigi harus membentuk kembali seluruh gigi, mengeluarkan sejumlah besar bagian dari gigi. Untuk pasien mencari pilihan yang lebih konservatif dengan modifikasi gigi minimal, veneers mungkin menjadi alternatif yang ideal.

 

Orthodontic Instan

Pasien yang mempertimbangkan veneer untuk proses orthodontic instan harus memperhatikan bahwa perawatan ini tidak dianggap sebagai pilihan efektif untuk gigi miring atau maloklusi. Karena veneer tidak benar-benar memperbaiki struktur gigi yang mendasarinya, pasien dengan masalah ortodontik serius harus mengatasi tersebut untuk mencegah komplikasi seperti erosi gigi atau TMJ. Selain itu, ketika pasien yang mengalami maloklusi menggunakan veneer, prosedur restorasi ini seringkali memiliki masa hidup yang sangat singkat; Porselen menghadapi tekanan konstan dari ketidaksejajaran gigi dan dalam waktu yang relatif singkat, ini bisa menyebabkan kerusakan struktural, atau veneer bisa lepas seluruhnya.

 

Bagikan Ke Teman:
Share:

Tinggalkan Balasan